Ruang ICU di RSUD Kota Depok Penuh

Jum'at, 08 Januari 2021 - 14:26 WIB
loading...
Ruang ICU di RSUD Kota Depok Penuh
Ruang intensif care unit (ICU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok saat ini sudah penuh dan hanya menyisakan ruang isolasi biasa. Foto/SINDOnews
A A A
KOTA DEPOK - Ruang intensif care unit (ICU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok saat ini sudah penuh dan hanya menyisakan ruang isolasi biasa. RSUD Kota Depok pun merencanakan akan menambah ruang ICU pekan depan dan saat ini sedang dalam persiapan.

“Kalau untuk ICU penuh per hari ini, untuk rawat isolasi biasa bisa. Insya Allah Senin depan tambah satu lagi. Kami sedang rekrut beberapa SDM,” kata Direktur RSUD Depok, Devi Mayori, Jumat (8/1/2021).

Kendati demikian, pelayanan untuk pasien tetap dapat dilakukan dengan baik. Pihaknya melakukan optimalisasi pelayanan dengan fasilitas yang ada. (Baca juga; Covid-19 di Depok Kian Mencekam, Rumah Sakit Nyaris Penuh )

“Rata-rata butuh alat bantu napas dan itu kan biasanya dengan komplikasi penyakit lain dan COVID-19 berat. Kita menangani sesuai tata laksana COVID-19 berat,” tukasnya. (Baca juga; Tingkat Hunian Rumah Sakit COVID-19 di Kota Depok di Atas 80% )

Jika ada pasien yang memerlukan ruang ICU maka pihaknya akan merujuk ke rumah sakit lain agar dapat tertangani. Untuk hari ini pasien yang ada di ruang ICU sebanyak lima orang. Kemungkinan Senin akan ditambah jadi enam tempat tidur.

“Karena kita menunggu SDM tambahan. Satu pasien itu satu perawat. Satu hari 3 shift. Jadi harus 3 perawat sehari. Beda dengan perawatan pasien biasa. Kondisi juga harus kita sering-sering tengok,” paparnya.



Pasien yang ada di ruang ICU akan dirawat sesuai dengan prosedur yang ada. Jika pasien membaik maka akan dipindahkan ke ruang isolasi biasa. “Jadi ngga selamanya. Kalau sudah membaik sudah bisa dipindahkan ke ruangan selain ICU, bisa ada yang kosong,” pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)