Penumpang Menumpuk, Bandara Soetta Evaluasi Jadwal Penerbangan

Kamis, 14 Mei 2020 - 13:59 WIB
loading...
Penumpang Menumpuk, Bandara Soetta Evaluasi Jadwal Penerbangan
Kondisi Terminal II Bandara Soetta tampak kosong Kamis siang setelah pagi tadi penuh sesak. Foto: Dok. PT AP II
A A A
TANGERANG - Pemandangan miris terlihat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, di tengah upaya besar memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19), Kamis (14/5/2020) pagi. Seorang netizen memposting kondisi Terminal 2 Bandara Soetta yang penuh sesak oleh pengguna bandara.

PT Angkasa Pura II (Persero) membenarkan bahwa hari ini memang sempat terjadi antrean calon penumpang pesawat di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 pada pukul 04.00 WIB. Namun, sekitar pukul 05.00 WIB sudah tidak terjadi lagi antrean hingga sekarang. (Baca juga: Abaikan Social Distancing, Terminal 2 Bandara Soetta Penuh Sesak )

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga mengatakan, personel PT Angkasa Pura II telah berupaya penuh mengatur antrean, namun calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4.

Ke depan, kata dia, akan dilakukan penataan jadwal keberangkatan penerbangan. Ia pun memastikan seluruh bandara PT Angkasa Pura II akan selalu beroperasi dengan merujuk kepada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18/2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Seluruh stakeholder akan melakukan evaluasi untuk menata jadwal penerbangan supaya tidak ada yang berdekatan,” ujar Febri, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/5/2020). (Baca juga: Ribuan WNI Tiba di Bandara Soetta, Puluhan Orang Dinyatakan OTG Covid-19)

Menurut dia, antrean penumpang pagi tadi terjadi di posko verifikasi dokumen mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 - 08.00 WIB. Di antara pukul tersebut terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada masa pengecualian dalam pembatasan penerbangan ini, calon penumpang harus melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagai syarat untuk bisa memproses check in. "Verifikasi dokumen dilakukan oleh personel gabungan dari sejumlah instansi yang masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang ada di posko pemeriksaan,” jelas Febri. (Baca juga: Bandara Soetta Kembali Layani Penerbangan Domestik, Ini 7 Syaratnya)

Adapun dokumen yang diverifikasi sebagai syarat agar calon penumpang dapat memproses check in antara lain tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat bebas Covid-19, dan dokumen lainnya sesuai yang tercantum dalam Surat Edaran Nomor 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)