Pesepeda Diimbau Tetap Patuhi Prokes, ISSI DKI: Sebaiknya Solo Riding Saja

Senin, 28 Desember 2020 - 20:32 WIB
loading...
A A A
Novian berharap para pesepeda ini terus menggunakan sepedanya sebagai alat transportasi sehari-hari walau pandemi berakhir. Novian yakin Pemprov DKI Jakarta akan semakin perhatian dengan para pesepeda apabila pengguna sepeda harian semakin banyak. "Kalau pengguna sepedanya makin banyak, saya yakin Pemprov DKI pasti memperlebar jalur sepeda," kata Novian.

Koordinator Medis Pengprov ISSI DKI Jakarta, Dokter Surya Santoso, menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan masker saat bersepeda.

Berdasarkan penelitian, masker medis maupun surgical termasuk aman untuk dipakai bersepeda. "Untuk masker medis dan surgical yang tiga lapis itu masih aman digunakan untuk bersepeda kalau dari penelitiannya," ujar Surya.

Sedangkan untuk masker kain, kata Surya, pesepeda harus memilih masker yang tidak terlalu tebal agar masih nyaman bernafas dalam masker. Selain itu, kata Surya, trik lainnya bersepeda sambil menggunakan masker adalah menjaga intensitas gowes. Menjaga intensitas akan membantu mengurangi rasa kurang nyaman saat bersepeda dengan mengenakan masker.

Surya menyarankan agar para pesepeda yang mengenakan masker cukup bersepeda dengan intensitas ringan sampai sedang. "Ya kalau kita tidak ada mengejar target apa-apa atau hanya mengejar untuk bugar saja, kita mainnya intensitas yang ringan atau sedang saja sudah cukup," kata Surya.

Selain itu, penting pula menjaga masker agar tetap kering. Sebab masker yang basah akan membuat pesepeda suliy bernafas dalam masker. "Jadi sebaiknya bawa beberapa masker saat bersepeda. Sehingga bisa diganti saat sudah basah," tutup Surya.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)