Donor Darah di Tengah Pandemi, Detos Terapkan Prokes Covid-19

Jum'at, 11 Desember 2020 - 17:04 WIB
loading...
Donor Darah di Tengah Pandemi, Detos Terapkan Prokes Covid-19
Donor darah di pusat perbelanjaan Kota Depok jalani protokol kesehatan Covid-19. Foto/R Ratna Purnama/SINDOnews
A A A
DEPOK - Di tengah pandemi Covid-19 , pusat perbelanjaan Depok Town Square (Detos) menyelenggarakan kegiatan donor darah . Donor darah dilakukan untuk memenuhi persediaan darah di Kota Depok. Pasalnya, saat ini kebutuhan darah cukup tinggi namun persediaan minim.

Mall Director Detos, Sutikno Pariyoto mengatakan, pihaknya menggelar donor darah dengan mengajak para tenant dan pengunjung untuk berbagi dan menolong sesama di tengah situasi pandemi. Donor darah dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Pendonor juga dilakukan pengecekan suhu.

“Jadi prokesnya kami perhatikan, tetap sehat dan berbagi untuk sesama,” katanya di lokasi, Jumat (11/12/2020). ( )

Pada donor darah kali ini ada 70 orang yang mendaftar namun yang berhasil mendonorkan darahnya hanya 50 saja dan terkumpung 50 kantong darah. Tersedia 6 tempat tidur dengan 8 petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok.

“Yang daftar cukup banyak dari jam 1 siang hingga 4 sore, tapi yang lolos donor ada 50 orang,” ungkapnya. ( )

Adapun tata cara donor darah dalam situasi pandemi tidak jauh berbeda. Namun lebih ketat menerapkan prokesnya. Standar dari pihak PMI Kota Depok menerapkan cek suhu, cek kadar oksigen dalam darah, penyediaan hand sanitizer. Setiap selesai penggunaan bed selalu disemprot disinfektan untuk menjaga area donor tetap steril.

“Kami jalankan sesuai standar dari PMI Kota Depok, sehingga dipastikan aman,” tutupnya.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2612 seconds (0.1#10.140)