Ini Alasan Keluarga Habib Rizieq Tolak Swab Test Ulang

Sabtu, 28 November 2020 - 07:17 WIB
loading...
Ini Alasan Keluarga Habib Rizieq Tolak Swab Test Ulang
Wali Kota Bogor Bima Arya mendatangi RS Ummi Kota Bogor untuk meminta penjelasan dari keluarga Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab terkait penolakan swab test ulang. Okezone/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama TNI-Polri mendatangi RS Ummi Kota Bogor untuk meminta penjelasan dari keluarga Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab terkait penolakan swab tes ulang. Ada beberapa poin penjelasan keluarga terkait penolakan tersebut.

"Saya tadi sama Pak Kapolres sama Pak Dandim konfirmasi laporan dari staf kami, bahwa keluarga (Habib Rizieq Shihab) tidak berkenan dilakukan swab test. Penjelasan keluarga keberatan mengapa harus dua kali, karena di-swab sakit," kata Bima, kepada wartawan di RS Ummi Kota Bogor, Jumat (27/11/2020).

Kemudian, pihak keluarga mengakui bahwa yang telah mengambil swab test Habib Rizieq Shihab dari tim dokter MER-C. Sampel swab tes pun, diklaim telah dikirim ke laboratorium yang telah tersetifikasi. "Kemudian disampaikan yang melakukan swab tim MER-C dikirim ke lab tersetifikasi," jelasnya.

Yang menjadi persoalan, lanjut Bima, apakah proses pengambilan swab test itu sesuai dengan aturan. Termasuk harus dipastikan laboratorium yang menjadi tempat pengujian sampel swab tersertifikasi. (Baca juga; Bima Arya Datangi Habib Rizieq Shihab, Minta Data Lengkap Swab Test )

"Kami harus pastikan bahwa semuanya sesuai dengan aturan, apa betul beliau diswab dan dikirim ke lembaga yang tersetifikasi. Itu kami harus pastikan itu. Untuk itu kami sampaikan ke pihak keluarga agar saya memastikan semua (proses swab test) sesuai dengan prosedur," tegasnya.

Tak kalah penting, harus dipastikan juga nama-nama tim dokter yang mengambil swab test berkompeten. Jadi hasil swab test yang keluar bisa diterima dan dipertanggungjawabnya kebenarannya. (Baca juga; Habib Rizieq Tes Swab Diam-diam, Bima Arya Menyayangkan Tindakan Itu )

"Setelah saya datang tadi disampaikan ada nama-nama dokter yang kami dapat, kita akan kroscek, kemudian dikirim ke mana kita kroscek. Menurut keluarga atau rumah sakit disampaikan Insya Allah hasil swab test bisa malam ini nanti semua kita cek. Apakah proses swab test sesuai, timnya sesuai aturan juga dan apakah lembaga atau labnya tersetifikasi kalau memang setelah kita pelajari nanti semuanya valid apa pun hasilnya tentu bisa diterima," tutup Bima.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)