Pandemi Covid-19, PMI Jakarta Ajak Masyarakat Donor Door to Door

Rabu, 11 November 2020 - 15:16 WIB
loading...
Pandemi Covid-19, PMI Jakarta Ajak Masyarakat Donor Door to Door
Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi di Wali Kota Jakarta Barat. Foto: Yan Yusuf/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat stok darah di Jakarta menurun, banyak masyarakat tak lagi mendonorkan darahnya lantaran takut terpapar virus.Imbasnya stok darah di Jakarta terus menurun. Jumlah penyuplai yang ada saat ini tak sebanding dengan stok darah yang ada.

Karenanya, PMI Jakarta mengubah pola donor darah, bila sebelumnya menunggu pendonor. Kini pola jemput bola dilakukan PMI Jakarta. ( )

Ketua PMI Jakarta, Rustam Effendi menjelaskan, kini pihaknya rutin dan intensif mendatangi sejumlah instansi. Ajakan mendonor darah dilakukan secara door to door.

Dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah, organisasi massa, serta elemen masyarakat upayakan membantu dalam hal ketersediaan stok darah yang mulai menurun di masa pandemi Covid-19.

"PMI Jakarta memastikan 1.000 kantong darah per hari dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Corona," tutur Rustam saat dikonfirmasi, Rabu (11/11/2020). ( )

Melalui cara ini, ‘jemput bola’ stok darah yang sebelumnya berkurangnya kian tercukupi. 700 darah bisa dicukupi DKI per harinya. Sebab sejauh ini, semua cabang PMI di Jakarta melakukan aksi jemput bola.“Yah ini sangat membantu,” kata Mantan Walikota Jakarta Barat ini.

Sementara itu, Ketua PMI Jakarta Barat, Baharudin menjamin bila darah yang di stok PMI aman dari Covid-19. Pasal jauh sebelum melakukan pengambilan darah, pihaknya akan melakukan pengecekan mulai dari suhu tubuh dan traking kepada calon pendonor.



Selain itu, pihaknya juga akan mengambil sample darah dan mengujikan uji lab cepat. Dari situ petugas mengetahui bahwa dari yang di donorkan aman dari virus manapun, termasuk Covid 19. “Jadi saya jamin sejauh ini cukup aman,” kata Baharuddin.

Baharuddin mengakui bila di tangan Rustam, program jemput bola untuk pendonor gencar dilakukan pihaknya. Dari 1.000 stok darah yang tersedia per harinya, PMI Jakarta mampu mencukupi kualitas darah sebanyak 700.“Memang belum capai target, tapi kami terus berusaha,” katanya.

Karena itu, tak heran bila setiap harinya aksi donor darah terus dilakukan pihaknya. Bahkan dalam sepekan, enam kegiatan bisa dilakukan PMI. 200-300 kantong darah per hari bisa tercukupi.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)