Gandeng FKDM dan PMI, Pemkot Jakpus Bakal Gelar Donor Darah

loading...
Gandeng FKDM dan PMI, Pemkot Jakpus Bakal Gelar Donor Darah
Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakpus, M Fahmi. Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
JAKARTA - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar donor darah.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakpus, M Fahmi mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan pada 18 November di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Jakpus dan 21 November 2020 Kegiatan diadakan di SMAN 5 Jakpus.

“Pada 18 untuk Kecamatan Tanah Abang, Kecamatan Senen, Kecamatan Gambir, Kecamatan Menteng, dan Kecamatan Johar Baru, Sementara pada 21 Kecamatan Kemayoran, Kecamatan Sawah Besar, dan Kecamatan Cempaka Putih,” kata Fahmi di Jakarta, Sabtu (7/11/2020).

Kegiatan donor darah ini, lanjut Fahmi, merupakan salah satu upaya mengamankan stok darah yang dimiliki PMI saat ini. Sebab, pada masa pandemi COVID-19 PMI mengalami kekurangan stok darah. (Baca juga; Tidak Pakai Masker, 26 Warga Koja Diberi Sanksi Sosial)



‘’PMI bersurat kepada provinsi dan tingkat kota untuk mengadakan donor darah, karena selama pandemi ini orang takut donor darah. Untuk itu, Pemkot Jakpus memfasilitasi tempat, PMI menyiapkan peralatannya, FKDM untuk pesertanya. Ini jadi kolaborasi kita,” jelasnya.

Untuk peserta, Fahmi mengatakan, mayoritas merupakan anggota FKDM yang ada di tingkat kelurahan. Namun tidak menutup kemungkinan ada pendonor dari masyarakat umum. Dia juga menegaskan, pelaksanaan donor darah ini akan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Seluruh peserta harus melaksanakan 3M, dan kita juga buat jadwal untuk peserta agar jamnya bisa diatur. Sehingga pelaksanaan donor darah ini tetap terjaga,” tutup Fahmi. (Baca juga; Gelar Kompetisi Esports Pelajar se-Jabodetabek, PBESI Siapkan Total Hadiah Rp500 Juta)
(wib)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top