Kemensos Bagikan Bansos Pandemi Covid-19 di Kampung Ondel-ondel

Sabtu, 09 Mei 2020 - 12:24 WIB
loading...
Kemensos Bagikan Bansos Pandemi Covid-19 di Kampung Ondel-ondel
Kemensos bagikan bansos di Kampung Ondel-ondel, Jakpus. Foto: Komaruddin Bagja Arjawinangun/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) berupaya menyisir sejumlah wilayah marjinal yang kumuh, miskin dan padat penduduk di DKI Jakarta untuk memberikan bantuan sosial (Bansos) Covid-19. Penyisiran itu agar pembagian bansos tersebut lebih merata.

Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos, Harry Hikmat mengatakan, kelompok marjinal dengan profesi seperti pemulung, pengamen, pengemis, gelandangan, lansia terlantar, dan kelompok disabilitas dengan kondisi ekonomi terbatas yang belum mendapatkan bansos akan menjadi prioritas untuk diberikan dalam bansos tahap kedua.

"Untuk komunitas pemulung, pengamen, pengemis, tuna wisma gelandangan, buruh cuci, tidak mudah bagi mereka untuk memastikan mendapatkan bantuan. Karena kebanyakan mereka mengkontrak. Berdasarkan informasi yang didapat dari masyarakat dan aduan, ada kelompok masyarakat yang belum mendapatkan bantuan. Untuk itu kita menyusuri kampung-kampung di slum area," kata Harry Hsaat memberikan bansos kepada sejumlah warga di Kampung Ondel-Ondel di RW03, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Jumat 8 Mei 2020.Dia menambahkan, pemerintah pusat berupaya memastikan agar bantuan pemerintah baik sembako dari Pemda, Bantuan Khusus Presiden betul-betul sampai pada warga yang membutuhkan. "Tahap pertama bansos Presiden sudah mendekati angka 100 persen. Untuk bansos tahap kedua kemungkinan minggu depan sudah bisa dimulai," tambah Harry.

Dari data Kemsos per Kamis 7 Mei 2020 pukul 20.00 WIB tercatat sudah ada 1.096 pengemis dan gelandangan yang terjaring di 6 GOR temporary shelter yang tersebar di DKI Jakarta. Masih ada 256 orang menempati shelter tersebut. Bahkan ada sejumlah gelandang dan pengemis di Ciracas Jakarta Timur yang positif dari Rapid Test Covid-19 sehingga harus menjalani perawatan dan isolasi.

Rahmat (60), RT11/RW03, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen mengaku senang dengan keberadaan bantuan sosial dari Presiden. "Iya pak baiknya disisir lagi, karena masih banyak yang belum mendapatkan bantuan," kata Rahmat.

Ramonah (27) RT10/RW03 salah satu pengamen ondel-ondel mengaku sejak Pandemi Virus Corona (Covid-19) dirinya mengalami penurunan pendapatan hingga 50%."Saya biasanya jalan ke Tangerang naik angkot, kalau dulu bisa diatas 100 ribu, sekarang untuk ongkos bolak-balik aja gak ketutup karena jalan sepi," kata Ramonah.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)