Antisipasi Banjir, Ratusan Petugas Keruk Lumpur dan Sampah Kali Cakung Lama

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 13:09 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Ratusan Petugas Keruk Lumpur dan Sampah Kali Cakung Lama
Kelurahan Sukapura bersama Kelurahan Pegangsaan Dua, Sudin Sumber Daya Air Jakarta Utara dan Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air berkolaborasi melakukan gerebek lumpur dan sampah di Kali Cakung Lama (KCL). SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Mengantisipasi persoalan banjir di musim hujan, Kelurahan Sukapura bersama Kelurahan Pegangsaan Dua, Sudin Sumber Daya Air Jakarta Utara dan Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air berkolaborasi melakukan gerebek lumpur dan sampah di Kali Cakung Lama (KCL).

Lurah Sukapura, Abdul Rahman Hakim mengatakan, di lokasi yang berbatasan antara wilayah Kelapa Gading dengan Cilincing tersebut termasuk lokasi yang rawan terjadinya genangan air sehingga harus segera diantisipasi.

"Kami harap dengan adanya pengerukan lumpur dan sampah KCL bisa mengurangi banjir di DKI Jakarta. Diperkirakan, kegiatan ini akan berjalan hingga 30 hari," Kata Abdul, Jumat (23/10/2020). (Baca juga; Pansus Banjir DPRD DKI Bawa 5 Pesan Tri Rismaharini untuk Atasi Banjir Jakarta )

Abdul menjelaskan, KCL memiliki lebar sekitar 3 sampai 6 meter. Dalam pengerjaannya, petugas mengerjakan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama pengerukan lumpur KCL sepanjang 1.660 meter kemudian dilanjutkan 1.400 meter untuk tahap kedua. (Baca juga; Jabodetabek Terdampak La Nina, Warga Diminta Waspada )

Dalam kegiatan kegiatan keruk lumpur ini melibatkan seratus petugas gabungan baik dari PPSU Kelurahan Sukapura dan Pegangsaan Dua, Pasukan biru SDA dan petugas UPK Badan Air. "Ini adalah kegiatan kolaborasi jadi dikerjakan bersama-sama dengan tujuan meminimalisir terjadinya genangan air," pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)