Tangani Covid-19, Tak Semua Pegawai Hotel Pakai APD

loading...
Tangani Covid-19, Tak Semua Pegawai Hotel Pakai APD
Sejumlah hotel di Jakarta akan dijadikan tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19. Karyawan hotel tempat isolasi tersebut tidak semua diberikan APD. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Sejumlah hotel di Jakarta akan dijadikan tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19. Karyawan hotel tempat isolasi tersebut tidak semua diberikan Alat Pelindung Diri (APD).

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Krisnadi mengatakan, saat ini pihaknya terus menyosialisasikan protokol kesehatan di hotel yang tengah disiapkan untuk isolasi mandiri positif Covid-19. (Baca juga: OTG Covid-19 Luar Jakarta Bisa Dirawat di 3 Lokasi Ini)

Bagi karyawan hotel yang tidak beraktivitas di kamar pasien dipastikan tidak akan diberi baju pelindung. Seperti pegawai yang mengantar obat atau vitamin yang hanya ditaruh di depan kamar pasien.

Menurutnya, hanya karyawan yang masuk ke kamar pasien yang diberikan APD. "Jadi tidak semua karyawan hotel diberikan APD," ujar Krisnadi, Kamis (1/10/2020).



Untuk mengurusi sampah pasien yang melakukan isolasi sementara tidak dikerjakan oleh pegawai hotel. Ada pihak ketiga yang menangani karena rawan terjadi penularan Corona. (Baca juga: Rawat Pasien Isolasi, Hotel Covid-19 Sediakan Tenaga Medis)

Apabila ada pegawai hotel yang ikut terpapar, maka pengelola hotel bakal melakukan swab test, namun prosedur isolasi tetap mengikuti peraturan dari pemerintah. Apakah dikarantina di hotel tempat mereka bekerja atau Wisma Atlet atau tempat lain nanti ditentukan oleh puskesmas tempat melakukan swab test.
(jon)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top