Ini Alasan Hotel di Depok Tak Bersedia Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19

Jum'at, 18 September 2020 - 17:01 WIB
loading...
Ini Alasan Hotel di Depok Tak Bersedia Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19
Belum ada satupun hotel bintang dua dan tiga di Kota Depok yang bersedia menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 tanpa gejala. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
DEPOK - Belum ada satupun hotel bintang dua dan tiga di Kota Depok yang bersedia menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 tanpa gejala. Berbagai alasan disampaikan pengelola hotel, di antaranya belum siap dengan sarana dan prasarana penunjang pasien isolasi mandiri.

“Untuk Santika Depok, mengikuti kebijakan corporate yaitu Graha Wita Santika. Saat ini diinformasikan, Santika group tidak mengizinkan unitnya untuk menjadi tempat isolasi mandiri,” kata PR Hotel Santika Depok, Riri Setiowati, Jumat (18/9/2020). (Baca juga; Wali Kota Depok Sebut Belum Ada Hotel Bersedia Jadi Tempat Isolasi )

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPPC) Kota Depok, Dadang Wihana membenarkan, belum ada satupun hotel yang bersedia menjadikan kamar isolasi mandiri. Belum bersedianya pengelola hotel kata Dadang karena saat ini mereka sudah ada tamu yang menginap.

Kondisi itu juga menjadi pertimbangan penting pengelola hotel menolak jadi tempat isolasi mandiri. “Mereka ada tamu. Kedua, dari sisi fasilitas mereka kan harus ekstra nanti termasuk juga ruangan jendela harus bisa dibuka dan lain-lain itu yang menyulitkan,” katanya.

Namun, Dadang Wihana mengaku, masih berupaya membuka komunikasi dengan sejumlah manajemen hotel. Pihaknya mengaku tidak bisa melakukakn intervensi pada pengelola hotel. Jadi yang bisa dilakukan hanya komunikasi dengan lintas sektoral membahas hal tersebut.

“Sampai saat ini belum ada (yang bersedia). Tentunya tidak ada pengaturan untuk memaksa. Jadi kita sedang menjajaki setengah yang dulu menyediakan layanan isolasi,” kata Dadang. (Baca juga; 27 Hotel di DKI Jakarta Siap Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19)
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)