54 Pasien Dalam Pengawasan Virus Corona Pulang, 44 Orang Masih Dirawat

Minggu, 08 Maret 2020 - 13:11 WIB
54 Pasien Dalam Pengawasan Virus Corona Pulang, 44 Orang Masih Dirawat
54 Pasien Dalam Pengawasan Virus Corona Pulang, 44 Orang Masih Dirawat
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih terus memantau pasien virus corona. Sejak Januari, DKI telah memantau ratusan orang.

Berdasarkan data yang didapat dari website corona.jakarta.go.id, sejak 21 Januari hingga saat ini, sedikitnya ada 94 orang masih dipantau dan 262 telah selesai dipantau. Sementara yang diawasi ada sebanyak 98 orang, dan masih dirawat sebanyak 44 orang."54 pasien dalam pengawasan sudah pulang dan sehat," demikian dikutip dari website corona.jakarta.go.id

Orang yang diawasi biasanya memiliki gejala sakit yang lebih berat, misalnya terjadi peradangan di bagian paru-paru. Sementara bagi orang yang dipantau, mereka hanya mengalami sakit ringan, seperti flu dan batuk ringan yang disertai demam.

Akan tetapi orang yang dengan memiliki penyakit ini terdapat riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit virus. Sedikitnya butuh waktu memantau sekitar 14 hari atau sampai gejalanya sembuh, atau sampai laboratorium menyatakan hasilnya negatif bagi pasien yang diawasi.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit pada Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia menjelaskan, sedari awal wabah virus corona berkembang, pihaknya telah bergerak meningkatkan kewaspadaan. Saat ini informasinya adalah orang yang sakit, kemudian pernah punya riwayat perjalanan. Dari situlah didata dan ditindak lanjut sebagai kelompok orang pemantauan dan pengawasan.

Pengawasan dan pemantauan, lanjut Dwi, dilakukan secara langsung kepada pasien. Bahkan bagi yang dipantau, petugas selalu menanyakan kondisi kesehatannya setiap hari sambil memantau perkembangannya.

"Sementara kalau yang diawasi biasanya memang dirawat inap di rumah sakit rujukan," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4955 seconds (0.1#10.140)