alexametrics

Nurmansjah Lubis Dinilai Miliki Kans Besar Dampingi Anies

loading...
Nurmansjah Lubis Dinilai Miliki Kans Besar Dampingi Anies
Cawagub DKI, Nurmansjah Lubis.Foto/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Cawagub DKI Jakarta, Nurmansjah Lubis dinilai memiliki kans besar untuk mendampingi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Meskipun saat ini cawagub yang diajukan Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria memang berada di atas angin.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akrab disapa Bang Ancah itu punya kans besar mendampingi Anies Baswedan. Hendri melihat ada beberapa faktor yang bisa mengangkat Nurmansjah Lubis sebagai pemenang dan duduk di kursi pemimpin nomor dua di Pemprov DKI Jakarta.

Faktor pertama, lanjut Hendri, PKS bisa mendapatkan suara tambahan dari Partai Nasdem. Ini bisa terjadi karena pengaruh silaturahmi kebangsaan yang dilakukan oleh Presiden PKS Sohibul Iman dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.



"Menurut saya masih berpeluang calon PKS walaupun Gerindra di atas angin, tidak dimulainya paripurna (pemilihan). Kalau jagoan Gerindra yang notabene didukung oleh koalisi pemerintah ini emang kuat dukungannya, mestinya paripurna akan langsung dilakukan," kata Hendri saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Faktor selanjutnya, ada kemungkinan peluang kemenangan Nurmansjah datang dari Gubernur Anies Baswedan yang menginginkan cawagub yang lebih low profile dan tidak membuatnya merasa terancam dalam pemilu kepala daerah (pilkada) selanjutnya.

"Mas Anies ini pasti akan memilih wagub yang tak akan mengancam dia secara posisi. Seperti halnya Ahok saat memilih Djarot pada Desember 2014 lalu,” ujarnya.

Hendri menuturkan, faktor latar belakang dan kedekatan terhadap masyarakat sangatlah diperlukan. Tak hanya itu, kepatuhan terhadap hukum juga sangat diperhitungkan dalam pemilihan di DPRD."Kalau dilihat semuanya ini masih imbang ini, Riza Patria dan Nurmansjah Lubis. Per hari ini, Riza tidak bisa disebutkan di atas angin karena imbang. Karena Nurmansjah Lubis menarik dukungan Anies Baswedan dan dukungan anggota DPRD Jakarta," tuturnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak