Hadapi Lonjakan Pasien Covid-19, Petakan Kesiapan Rumah Sakit

Rabu, 02 September 2020 - 09:35 WIB
loading...
Hadapi Lonjakan Pasien Covid-19, Petakan Kesiapan Rumah Sakit
Seorang petugas medis berjalan di lorong ruangan khusus pasien Covid-19. Foto/Koran SINDO/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Grafik pasien positif Covid-19 di Tanah Air terus menanjak. Dalam enam bulan masa pandemi kasus positif harian sudah menembus angka 3.000. Salah satu imbas dari lonjakan kasus baru adalah rumah sakit mulai kewalahan melayani pasien karena kapasitas ruang perawatan yang penuh.

Kondisi rumah sakit penuh antara lain terjadi di Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat. Informasi dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan, bed occupancy rate(BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur pada rumah sakit di Jakarta sudah jauh melampaui levelaman. (Baca: 70 Rekannya Meninggal, Kini Para Perawat Khawatir Tertular Covid-19)

Angka keterisian pada unit perawatan intensif (ICU) rumah sakit dilaporkan sudah mencapai 77%. Adapun angka keterisian ruang isolasi mencapai 69%. Ini jauh di atas batas ideal angka keterisian yakni 60%.

Ketersediaan ruang perawatan rumah sakit, khususnya rumah sakit umum daerah (RSUD), hingga kemarin memang terus menipis. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta melalui laman http://eis.dinkes.jakarta. go.id hingga pukul 20.00 WIB, dari 17 RSUD di Jakarta tersisa tiga ruang ICU di tiga RSUD.

Selain itu, ruang intensive coronary care unit(ICCU) tersisa 17. Untuk ruang isolasi tersisa 138. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut kondisi keterisian rumah sakit di atas 70% sudah tidak ideal sehingga pemerintah terus berupaya menurunkannya ke level yang aman.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyebut angka keterisian rumah sakit di atas 70% dilaporkan terjadi di banyak daerah. Menyikapi situasi tersebut, PB IDI menyarankan kepada pemerintah, khususnya pemerintah daerah, agar segera memetakan kondisi rumah sakit di daerah masing-masing.

“Dari pemetaan yang dilakukan akan ketahuan apakah dengan lonjakan pasien ini rumah sakit perlu menyiapkan bed tambahan atau menambah ruang perawatan,” ujar Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih saat dihubungi kemarin. (Baca juga: Hamas Sebut Kesepakatan UEA-Israel Memalukan)

Menurut Daeng, hal yang harus dihitung misalnya berapa pertambahan pasien reguler, berapa persen pasien yang butuh perawatan, berapa jumlah ranjang yang ada, berapa ranjang yang masih kosong, dan jika ada tambahan pasien apakah jumlah ranjang yang ada mencukupi atau tidak. Kalau hasil hitungan ternyata ranjang kurang, rumah sakit harus siapkan penambahan. Apabila dengan penambahan bed dan ruang perawatan namun masih saja tidak cukup, pemerintah daerah perlu segera menyiapkan rumah sakit rujukan tambahan. “Termasuk menyiapkan alat-alatnya, fasilitasnya, juga tenaga kesehatannya,” ujar Daeng.

Tak hanya Jakarta, kondisi rumah sakit penuh juga terjadi di Bekasi. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah, mengatakan, lonjakan kasus positif datang dari kluster kawasan industri selama sepekan terakhir. “Kondisi ruang isolasi sudah penuh, karena menampung kluster industri,” katanya kemarin.

Sebagai antisipasi, Kabupaten Bekasi menyiapkan dua tempat isolasi, yaitu di Balai Pelatihan Kesehatan Cikarang Utara dan Wisma Mahasiswa President University yang memi liki 130 ranjang lebih untuk tempat isolasi pasien. Namun, pemerintah membantah anggapan bahwa rumah sakit di Indonesia penuh karena pasien Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)