Cegah Rabies, Sudin KPKP Jakpus Vaksin Ribuan Hewan Peliharaan

Selasa, 01 September 2020 - 03:13 WIB
loading...
Cegah Rabies, Sudin KPKP Jakpus Vaksin Ribuan Hewan Peliharaan
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat telah melakukan vaksinasi pada 1.968 hewan di Kelurahan Menteng. Kegiatan tersebut untuk menghindari penularan virus rabies kepada manusia dari hewan peliharaan.

"Jadi memang ini vaksin gratis dan rutin yang sifatnya pengulangan setiap setahun sekali. Nanti kita akan lakukan hal serupa Agustus 2021," ujar Plt Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Suharini Ellyawati kepada wartawan, Senin (31/8/2020). (Baca juga: Misteri, Lolosnya Pistol Eks Kepala BPN Denpasar Tembak Diri di Kantor Kejati Bali)

Sudin KPKP Jakarta Pusat juga melakukan pemberian vaksin rabies dengan sistem jemput bola bagi warga yang memiliki hewan peliharaan melebihi 10 ekor. Warga dapat membawa hewannya untuk diberikan vaksin secara cuma-cuma.

"Kita juga pakai sistem jemput bola, jadi warga yang punya hewan peliharaan sampai 10 ekor gitu ya. Kita yang datang ke rumahnya, mungkin sulit kan bawa banyak hewan ke satu titik," katanya. (Baca juga: Kementan Berhasil Turunkan Kasus Rabies di Bali)

Dari 1.968 ekor hewan yang diberi vaksin rabies oleh Sudin KPKP Jakarta Pusat, secara terperinci tercatat ada 618 ekor anjing, 1.337 ekor kucing, 8 ekor kera, dan 5 ekor musang dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Senen, Kecamatan Tanah Abang, dan Kecamatan Menteng.

Jumlah hewan tersebut memang jauh dari capaian pada tahun 2019 lalu yang mencapai 6.190 hewan telah divaksinasi rabies. Hal itu terjadi karena dampak pandemi Covid-19.

"Karena pandemi ya, selama tiga bulan itu Maret- Mei kami memang tidak melakukan kegiatan vaksin rabies karena PSBB. Jadi jumlahnya memang jauh dengan tahun lalu. Tapi ini sedang kami kejar, hewan-hewan yang jadwal vaksinasi ulangnya telah terlewat," tutup Elly.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)