Anies Kampanyekan Penggunaan Sepeda Bersama Kapolda dan Pangdam

Sabtu, 30 November 2019 - 19:10 WIB
Anies Kampanyekan Penggunaan Sepeda Bersama Kapolda dan Pangdam
Anies Kampanyekan Penggunaan Sepeda Bersama Kapolda dan Pangdam
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus mengkampanyekan budaya bersepeda guna mengurangi pencemaran udara di Ibu Kota. Untuk itu, Anies ikut bersepeda bersama dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Pandam Jaya Mayjen Eko Margiyono, Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan ini merupakan bagian dari olahraga bersama TNI, Polri dan Forkopimda, dengan mengangkat tema 'Kebersamaan untuk Indonesia'.
"Kampanye untuk penggunaan kendaraan bebas emisi ini adalah sepeda," kata Anies kepada wartawan.

Anies mengatakan, saat ini pemprov DKI Jakarta sudah membangun 63 KM jalur khusus untuk sepeda dengan target sebanyak 500 KM. "Ini perlu sosialisasi. Maka itu, Pak Kapolda, Pak Pangdam, hari ini kita menggunakan sepeda sekaligus mengkampanyekan bersepeda," ungkapnya.

Anies juga meminta, penggunaan sepeda selain bebas emisi, sepeda dianggap kendaraan yang menyehatkan tubuh. "Itu jangan dipandang alat olahraga saja, tapi alat transportasi. Jadi gunakan sepeda lebih sehat bebas emisi dan ini membuat kota warganya lebih berinteraksi," tandasnya.

Soal kapan target Pemprov DKI selesai membangun jalur khusus sepeda, Anies belum bisa memastikan. Hanya saja dirinya lebih menekankan kesadaran penggunaan kendaraan sepeda .

"Sekarang lagi proses, kita bertahap mengerjakannya. Tidak kalah penting adalah kesadaran masyarakat bahwa jalan raya dipakai bersama-sama. Jadi bagi pengguna sepeda, hargai motor, hargai mobil, jadi saling menghargai dan sudah ada rutenya masing-masing. Dengan cara itu nanti yang menggunakan sepeda merasa tenang," tutupnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4213 seconds (0.1#10.140)