Anies Ingin Sepeda Tanpa Baju Khusus, Warganet: Terima Kasih Pak Menjadi Contoh yang Baik

Kamis, 03 Juni 2021 - 13:23 WIB
loading...
Anies Ingin Sepeda Tanpa Baju Khusus, Warganet: Terima Kasih Pak Menjadi Contoh yang Baik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merayakan hari bersepeda sedunia dengan gowes menyusuri jalur sepeda terproteksi dari Bundaran Senayan hingga Balaikota DKI Jakarta, Kamis (3/6/2021) pagi. Foto/Ist/Facebook @Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merayakan hari bersepeda sedunia dengan gowes menyusuri jalur sepeda terproteksi dari Bundaran Senayan hingga Balaikota DKI Jakarta, Kamis (3/6/2021) pagi. Anies gowes bersama komunitas Bike To Work Indonesia dan Duta Besar negara sahabat.

Anies beralasan melakukan aktvitas tersebut, salah satunya mendorong bersepeda sebagai kebiasaan transportasi bukan hanya kegiatan olahraga. "Karenanya bersepeda tidak perlu harus sepeda khusus, tidak harus pakai sepatu khusus, tidak harus baju khusus,” katanya dalam akun Instagram @aniesbaswedan.

Anies menjelaskan, bersepeda untuk transportasi sehingga bisa dilakukan dengan sepeda yang biasa digunakan dan baju keseharian. “Pagi ini, Dubes Belanda gowes pakai batik, saya juga pakai batik, karena setiap Kamis kami seragamnya batik kalau di Pemprov DKI," katanya. (Baca juga; Sanksi Tilang dan Denda untuk Pesepeda Sudah Berlaku Pekan Depan )

Jalur sepeda yang dibangun di Jakarta bertujuan memfasilitasi warga untuk bisa bersepeda secara aman dan ramah lingkungan. Total jalur sepeda di Jakarta saat ini adalah 63 Kilometer dengan rencana tambahan tahun ini ada 101 Kilometer. (Baca juga; Hari Sepeda Dunia, Anies Gowes 19 Km dari Rumah ke Balai Kota )

Kemudian gedung-gedung di Jakarta memiliki kewajiban untuk menyediakan tempat parkir khusus sepeda minimal 10% dari tempat parkir yang tersedia dan dianjurkan menyiapkan tempat berbilas. Sehingga, memudahkan para pekerja yang memilih bertransportasi menggunakan sepeda.

Aksi peringatan yang dilakukan Anies sangat bertolak belakang dengan kebijakan Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang tengah memberikan fasilitas kepada pesepeda road bike. Di antaranya melintas di Jalan Layang Non Tol Casablanca dan Jalan Sudirman-Thamrin pada pagi hari.

Anies seolah tidak setuju dengan pesepeda road bike yang ramai beberapa belakangan hari ini lantaran keluar jalur sepeda dengan seragam olahraganya yang lengkap. Tak sedikit warganet yang menyindir aksi pesepeda road bike lewat aksi Anies bersepeda dalam peringatan hari sepeda dunia.

"Yang tidak bersepeda di jalurnya mohon ditindak pak supaya tidak terjadi kecelakaan," tulis akun @sabil_bily_ardilas.

"Terimakasih pak Anies sudah menjadi contoh pengguna sepedah di jalur yang benar.....di jalur sepeda," sambung akun @saefamily81.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)