Tunanetra Nyaris Tewas di Stasiun Cikini, Kemenhub Bakal Evaluasi PT KCI

Kamis, 28 November 2019 - 08:38 WIB
Tunanetra Nyaris Tewas di Stasiun Cikini, Kemenhub Bakal Evaluasi PT KCI
Tunanetra Nyaris Tewas di Stasiun Cikini, Kemenhub Bakal Evaluasi PT KCI
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengevaluasi pelaksanaan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 98/2017 tentang Akses bagi Pengguna Berkebutuhan Khusus di KRL Commuter Line . Hal ini terkait aduan seorang tunanetra bernama Fazlur Rahman alias Alun yang nyaris tewas lantaran terperosok di antara celah peron dan pintu KRL di Stasiun Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Kepala Sub Bidang Tata Kelola Sarana dan Prasarana Pelayanan Prima Transportasi Bidang Darat, Kereta Api dan Penunjang Kemenhub, Hani Mamengko mengatakan, akan meneruskan aduan Alun dan mengevaluasi operator kendaraan umum yang bersangkutan.

"Kami sedang evaluasi pelaksanaannya (UU bagi Disabilitas). Kami akan berkoordinasi langsung dengan KCI terkait kejadian yang dialami oleh Alun," kata Hani di lokasi, Rabu (27/11/2019). (Baca: Jatuh di Antara Peron dan Pintu KRL, Penyandang Disabilitas Nyaris Tewas)

Hani mengatakan, regulasi bagi penyandang disabilitas yang menggunakan angkutan umum di Indonesia telah terakomodir dalam Permenhub No 98/2017. Kemenhub, lanjut Hani, telah melakukan penandatanganan komitmen bersama 23 operator kendaraan umum untuk memberikan layanan yang maksimal bagi penyandang disabilitas sebagai pengguna kendaraan umum pada 19 November 2019 lalu. (Baca: Penumpang Nyaris Terlindas, YLKI Nilai PT KCI Belum Ramah untuk Disabilitas)

Meski aduannya sudah diterima oleh Kementerian Perhubungan, Alun mengatakan tetap akan mengajukan tuntutan class action kepada PT KCI. "Sensitivitass dan nilai kemanusiaan bagi disabilitas harus diperbaiki, kita tidak tahu seperti apa jika tidak dikawal. Saya akan angkat terus isu ini bersama-sama. Saya yakin bahwa seluruh rakyat menyaksikan saya berjuang untuk disabilitas," ucap Alun.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9233 seconds (0.1#10.140)