Suswono Akan Gagas Program Pertanian di Atas Rumah

Minggu, 08 September 2024 - 14:22 WIB
loading...
Suswono Akan Gagas Program...
Bakal Calon Wakil Gubernur Jakarta Suswono di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (8/9/2024). Foto/Danandaya Arya Putra
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Wakil Gubernur Jakarta Suswono akan menggagas program pertanian di atas rumah warga. Hal itu sebagai upaya permasalahan ketahanan pangan bagi warga.

Dia menyadari selama ini untuk kebutuhan pangan warga Jakarta masih dikirim dari berbagai wilayah. Namun, hal itu bukan berarti Jakarta tak bisa memproduksi bahan pangan.

"Bahkan kalau yang serius dulu kita membangun pertanian di atas rumah, jadi rumahnya enggak pakai genteng, (tapi) didak. Itulah kita buat pertanian di atas rumah, bisa. Nah ini salah satu, di berbagai kota, di beberapa negara sudah dilakukan. Dilihat dari atas itu hijau rumah-rumah, itu menarik," ujarnya di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (8/9/2024).





Saat menjabat sebagai Menteri Pertanian periode 2009-2014, pihaknya bahkan bekerja sama dengan komunitas Indonesia Berkebun. Ketua komunitasnya adalah Bakal Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil. Saat itu, lahan-lahan sempit disulap menjadi perkebunan untuk ketahanan pangan.

"Nanam cabai kan gampang, pakai polybag di depan rumah ataupun nanam kangkung di pagar, bisa kok, asal ada kemauan," katanya.

Dia juga mendapat informasi banyak lahan kosong di Jakarta yang saat ini tak digunakan oleh para pemiliknya. Hal itu menurutnya bisa digunakan sebagai lahan perkebunan sementara.

"Jadi nanti kita akan mencoba menghubungi pemiliknya kira-kira mau dipakai kapan. Nah kalau kira-kira masih lama kan bisa dimanfaatkan untuk tanaman-tanaman musiman kan paling dua tiga bulan panen, itu bisa dimanfaatkan," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0925 seconds (0.1#10.140)