Pendaftaran Pilkada Jakarta Sebulan Lagi, Anies Masih Unggul atas Ahok dan Ridwan Kamil

Jum'at, 26 Juli 2024 - 10:40 WIB
loading...
Pendaftaran Pilkada...
Pendaftaran Pilkada Jakarta sebulan lagi, Anies masih unggul atas Ahok dan Ridwan Kamil. Foto/Istimewa/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung di Pilkada Jakarta 2024 dimulai pada 27 hingga 29 Agustus 2024. Hingga kini, Anies Baswedan masih unggul di sejumlah survei.

Dalam survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis Kamis (25/7/2024), Anies masih menjadi sosok yang paling banyak disebut oleh warga Jakarta terkait siapa yang akan menjadi gubernur hasil Pilkada Jakarta 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menyampaikan bahwa hal ini terlihat ketika pihaknya melakukan survei dengan menggunakan metode pertanyaan top of mind. Di metode ini, masyarakat dibebaskan menentukan pilihan terkait siapa sosok yang akan dipilih di Pilkada Jakarta 2024. "Hampir 39,7 persen memilih Anies," ujar Burhanuddin.

Dalam metode ini juga ditemukan nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang membuntuti Anies Baswedan. Politikus PDIP itu memperoleh elektabilitas sebesar 23,8 persen.



Di peringkat ketiga, ada nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil , yang memperoleh elektabilitas sebesar 13,1 persen. Nama Ridwan Kamil menjadi tokoh yang menjadi perbincangan elite parpol, utamanya di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Tidak ada nama lain dalam metode top of mind ini yang mencapai di atas 5 persen. Sehingga, Burhanuddin menyebut bahwa sudah terjadi pengerucutan nama jelang pendaftaran Pilkada Jakarta 2024.

Tak hanya top of mind, Indikator Politik juga mencoba melakukan simulasi tiga nama teratas. Hasilnya, Anies tetap menduduki peringkat teratas.

"Anies Baswedan memang unggul cukup signifikan dibanding dua nama lain. Tapi menarik, keunggulan Anies tidak mencapai 50 persen," katanya.

Dari simulasi ini terlihat, Anies Baswedan memperoleh elektabilitas sebesar 43,8 persen, Ahok sebesar 32,1 persen, dan Ridwan Kamil sebesar 18,9 persen.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)