Transjakarta Mini Sarat Penumpang Terbakar di Jatinegara

Sabtu, 20 Juli 2019 - 16:11 WIB
Transjakarta Mini Sarat Penumpang Terbakar di Jatinegara
Transjakarta Mini Sarat Penumpang Terbakar di Jatinegara
A A A
JAKARTA - Sebuah bus Transjakarta Mini terbakar di Jalan Basuki Ramhat, Jatinegara, Jakarta Timur, tepatnya di dekat SPBU Basuki Ramat, Sabtu (20/7/2019) siang, saat membawa peluhan penumpang. Atas insiden ini PT Transjakarta meminta Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja) melakukan penyelidikan.

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur, Gatot Sulaiman, mengatakan, kebakaran menimpa bus Transjakarta Mini bernopol B 7924 DG jurusan Kampung Melayu-Pulo Gebang sekitar pukul 11.55 WIB. Pihaknya yang menerima informasi itu langsung menerjunkan personel guna melakukan pemadaman.

"Penyebabnya diduga karena over head. Ada 25 penumpang saat kejadian, tapi tak sampai menimbulkan korban jiwa," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (20/7/2019).

Menurut dia, mobil milik Kopaja itu secara tiba-tiba mengeluarkan asap tebal di bawah bemper bagian depan saat sedang melintas di lokasi. Saat pengemudi mobil itu menginjak gas, mendadak mesin mati dan terjadi penyalaan. "Usai pemadaman, mobil tersebut diderek oleh Dishub DKI," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono, menerangkan, pihaknya sudah meminta agar operator bus Kopaja melakukan penyelidikan atas kejadian itu untuk mengetahui penyebabnya.

Pihaknya pun meminta agar operator bus membenahi kendaraannya agar peristiwa serupa tidak terulang. "Pelanggan bus Kopaja, termasuk pengemudi dan petugas pelayan bus telah dievakuasi setelah kendaraan dengan no bus KAJ160 rute Kampung Melayu-Pulogebang mengeluarkan asap tebal," tandasnya.

Dia menegaskan bahwa keselamatan penumpang menjadi prioritas dalam pelayanan angkutan publik. Maka itu, bus Kopaja dengan spesifikasi yang sama akan disetop beroperasi hingga pemeriksaan tuntas. Hal ini demi mencegah peristiwa serupa terulang kembali.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4863 seconds (0.1#10.140)