Banyak Wisata, Tangsel Harus Jadi Kota Ramah untuk Pesepeda

Senin, 24 Agustus 2020 - 10:41 WIB
loading...
Banyak Wisata, Tangsel Harus Jadi Kota Ramah untuk Pesepeda
Pesepeda di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Foto: Hasan Kurniawan/SINDOnews
A A A
TANGERANG SELATAN - Bersepeda kini telah menjadi bagian dari kebiasaan new normal Covid-19 . Tapi sayang, banyak jalan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang belum ramah kepada pengguna sepeda.

Sungguh ironis. Apalagi, Tangsel juga banyak memiliki spot bersepeda yang menarik dan banyak dikunjungi. Seperti jalur pipa gas misalnya. Jalan kampung dengan tantangan cukup sulit, menjadi daya tarik wisata sport.

Bakal Calon Wali Kota Tangsel Muhamad mengatakan, tidak sedikit para pekerja yang berdomisili di Tangsel memilih bersepeda untuk berangkat ke kantor mereka di Jakarta. ( )

"Mereka banyak yang memakai sepeda lipat, naik KRL dan goes menuju kantornya. Saat libur, mereka main di Tangsel, di jalur pipa gas, Setu, Danau Cisawang, dan monumen Lengkong," kata Muhamad kepada wartyawan di Tangsel, Senin (24/8/2020).

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Tangsel ini mengakui, selama 10 tahun Tangsel, wisata sport ini belum menarik perhatian. Padahal, potensinya cukup besar dan rutin dikunjungi pesepeda. ( )

Rahayu Saraswati menambahkan, Tangsel harus menjadi kota yang ramah bagi pengguna sepeda. Jalur-jalur sepeda harus mulai dibangun di jalan umum dan rambu-rambu bagi sepeda harus dipasang. ( )

"Tangsel harus menjadi kota ramah sepeda. Bukan hanya dibangun jalur khusus sepeda, tetapi juga dibuatkan rute yang ramah sepeda, dan memasang rambu-rambu khusus kendaraan sepeda," jelas Saraswati.

Rute sepeda itu harus dirancang khusus, bukan cuma mengikuti jalur kendaraan bermotor yang sudah ada. Apalagi sepeda adalah jenis kendaraan yang bisa masuk ke perumahan dan perkampungan warga.

"Selain jaraknya lebih pintas, jalur sepeda mesti bebas dari kendaraan bermotor, minim polusi udara dan suara. Para pesepeda juga butuh rest area, kalau di Jakarta kafe. Nah, kalau di Tangsel pondokan warga," tukasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)