Menerka Makna Saling Puji PDIP dan Anies Jelang Pilkada Jakarta

Minggu, 09 Juni 2024 - 22:26 WIB
loading...
Menerka Makna Saling Puji PDIP dan Anies Jelang Pilkada Jakarta
Anies Baswedan. Foto/Dok SINDOnews/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saling puji dengan melontarkan kata 'menarik'. Sinyal Anies diusung PDIP di Pilkada Jakarta 2024 makin kuat?

Diketahui, Anies Baswedan mengaku tertarik dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Hal itu merespons pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang menyebut sosok Anies menarik dan diperhitungkan dalam Pilkada Jakarta 2024.

"PDIP juga menarik," kata Anies sambil tersenyum, saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).

Sebelumnya, Puan Maharani mengaku partainya tertarik untuk mempertimbangkan mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Hal ini dikatakan Puan menanggapi soal nama Anies yang kini digadang-gadang tengah dipertimbangkan PDIP untuk diusung sebagai calon gubernur Jakarta.



"Menarik juga Pak Anies," kata Puan sambil tersenyum, ketika ditemui di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/4 2024).

Menurut Puan, soal Pilkada Jakarta PDIP masih mencermati apakah nantinya akan mengusung kadernya untuk maju sebagai calon gubernur atau mempertimbangkan tokoh di luar partai. Puan mengisyaratkan bahwa partainya tak mau memaksakan kehendak.

"Ya harus realistis, bagaimana melihat situasi di lapangan. Karena setiap daerah itu wilayahnya itu beda-beda, ini kira-kira peluangnya ada di wilayah mana," ujarnya.

Pengamat politik Ahmad Khoirul Umam mengatakan, interaksi simbolik antara Anies dan PDIP ini merupakan bagian dari upaya penjajakan dengan saling mengirim sinyal terkait potensi kerja sama di Pilkada DKI Jakarta.

"Meskipun Anies dan PDIP berada pada gerbong yang berbeda secara politik maupun ideologis di Pilkada DKI Jakarta 2017 dan Pilpres 2024, namun di Pilkada DKI 2024 ini bisa jadi kedua entitas ini dipertemukan oleh kepentingan yang sama," kata Umam dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Minggu (9/6/2024).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)
pixels