34 Warga Gusuran Rel Kereta Ancol Dapat Hunian Baru

Rabu, 19 Agustus 2020 - 16:27 WIB
loading...
34 Warga Gusuran Rel Kereta Ancol Dapat Hunian Baru
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 34 warga Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara merasakan wujud keadilan dengan mendapatkan hunian layak di rumah susun (Rusun) Marunda . Lurah Ancol, Rusmin mengatakan dari sebanyak 34 Kepala Keluarga sebelumnya mengalami penggusuran dari area lahan bantaran rel kereta pada Rabu (15/7/2020) lalu.

"Jadi awalnya tempat tinggal mereka ditertibkan oleh PT KAI. Kami (Pemerintah Kota) tidak bisa lebih jauh ikut campur dengan itu. Tapi karena ada warga kami, tentunya kami merasa bertanggungjawab memberikan keadilan bagi mereka. Salah satunya memfasilitasi untuk menghuni Rusunawa Marunda," kata Rusmin saat dikonfirmasi, Selasa (18/8/2020).

Dijelaskan Rusmin perwakilan warga dari 34 KK itu telah meninjau kesiapan unit Rusunawa Marunda. Warga pun menyatakan kesiapannya karena biaya sewa unit tersebut dinilai lebih murah yakni Rp159.000 dibandingkan menyewa di luar rusunawa.

"Pasca penertiban waktu itu, mereka hanya menempati lahan kosong di sekitar lokasi. Sekarang mereka mau menghuni Rusunawa Marunda karena harganya yang murah dan layak untuk dihuni," jelas Rusmin.

Rencananya, warga berstatus buruh lepas ini akan mulai menempati unit Rusunawa Marunda pada Senin 24 Agustus 2020. Dalam waktu seminggu ke depan, warga tersebut sedang melengkapi dokumentasi persyaratan seperti Surat Pelayanan Masyarakat (PM) 1 untuk dapat menghuni hunian layak Ibu Kota Jakarta. ( )

"Semua administrasi kami fasilitasi. Bahkan nanti malam, kami mau rembukan berkolaborasi dengan unsur masyarakat terkait persiapan kepindahannya, seperti akomodasi kendaraan dan lain sebagainya," tutup Rusmin. ( )
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)