Dishub DKI Tutup Permanen U-Turn Citywalk Karet dan JLNT Casablanca

Selasa, 16 April 2024 - 17:53 WIB
loading...
Dishub DKI Tutup Permanen U-Turn Citywalk Karet dan JLNT Casablanca
Kepala Dishub DKI, Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Selasa (16/4/2024). Dishub DKI menutup permanen putar balik Jalan KH Mas Mansyur, Karet, Tanah Abang, Jakarta Pusat dan JLNT Casablanca, Jakarta Selatan. FOTO/MPI/REFI SANDI
A A A
JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menutup permanen U-Turn atau putar balik Jalan KH Mas Mansyur dekat dengan Citywalk Sudirman, Karet, Tanah Abang, Jakarta Pusat dan Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan. Pengendara yang ingin putar balik diminta melalui kolong flyover yang ada.

"Berdasarkan hasil evaluasi penutupan (U-Turn Citywalk) diperpanjang, ditutup seterusnya, demikian halnya untuk penutupan JLNT Casablanca dipermanenkan," kata Kepala Dishub DKI, Syafrin Liputo kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Syafrin menambahkan, berdasarkan evaluasi penutupan U-Turn Citywalk dinilai cukup efektif. Ia meminta pengendara agar mencari putar balik yang lain.



"Untuk penutupan putaran balik di Citywalk dan Karet cukup efektif. Tentu kami imbau masyarakat jika ingin berputar dari Barat ke Timur maupun sebaliknya gunakan kolong flyover yang ada," ujarnya.

Lebih lanjut Syafrin menjelaskan, penutupan JLNT Casablanca hanya mulai pukul 00.00-04.00 WIB juga dinilai efektif. Ia berharap agar pengendara tetap meningkatkan keselamatan dalam berlalu lintas.

"Untuk penutupan JLNT pada pukul 00.00-04.00 kami pantau efektif, artinya saat jalan tersebut ditutup di tengah malam, lalin di bawah, di jalan Prof. Dr Satrio cukup normal dan lancar. Kami harap ini bisa dipahami oleh masyarakat bahwa dalam rangka meningkatkan keselamatan lalin para pengendara khususnya pada tengah malam di JLNT tersebut seringkali terjadi laka lalin yang fatalitasnya tinggi," katanya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI akan melakukan penutupan terbatas, akses Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca di Jakarta Selatan selama dua pekan ke depan pada Pukul 00.00-04.00 WIB pada kedua arahnya.



"Terkait rencana penutupan Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, karena banyaknya pelanggaran kendaraan bermotor roda dua yang dilarang melintas di JLNT Casablanca khususnya pada malam hari dan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, selain itu pada malam hari JLNT tersebut sering menjadi lokasi balap liar sepeda motor yang menimbulkan korban jiwa," ujar Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Rabu (27/3/2024).

Penutupan terbatas JLNT Casablanca Kota Administrasi Jakarta Selatan pada pukul 00.00 sampai dengan 04.00 WIB di kedua sisi, yaitu sisi Barat (Citywalk) maupun sisi Timur (Mall Kota Casablanca).

Penutupan sementara dilakukan bersamaan dengan penutupan U-turn (putaran balik) Citywalk di Jalan KH Mas Mansyur Habib Usman Mufti, Jakarta Pusat, pada 1-15 April 2024. Sebagai rute alternatif, kendaraan dari arah barat (Tanah Abang) maupun arah timur (Casablanca) dapat melalui jalur bawah Jalan Prof Dr Satrio.

Sementara itu, kendaraan dari arah timur (Casablanca) yang akan ke timur/utara (Sudirman) dapat menggunakan putaran timur-timur di depan Apartemen Cassadomaine sejauh 600 meter dari putaran existing.

Kemudian untuk arus kendaraan dari arah barat (Tanah Abang) yang akan ke barat (Perjernihan) dapat menggunakan putaran Barat di depan Intiland sejauh 500 meter. Sedangkan yang akan menuju ke selatan (Senayan) dapat menggunakan putaran barat-barat di depan Wihara Amurva Bhumi sejauh kurang lebih 1 kilometer dari putaran existing.

Dilakukan pengaturan Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Karet Pasar Baru Timur 1 ke arah dalam/utara (Sudirman). Selain itu, Dishub DKI akan melakukan kanalisasi dengan Movable Concrete Barrier (MCB) pada frontage JLNT arah ke Timur (Casablanca). Kemudian untuk arus lalu lintas dari kawasan Sahid yang akan menuju ke JLNT Casablanca dapat melalui Jalan Karet Pasar Timur 5.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)