Panitia Nasional Hari Suci Nyepi Berbagi Takjil kepada Umat Muslim

Senin, 08 April 2024 - 07:11 WIB
loading...
Panitia Nasional Hari Suci Nyepi Berbagi Takjil kepada Umat Muslim
Panitia Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 Tahun 2024 mengadakan kembali Aksi Sosial Kepedulian, salah satunya membagikan takjil untuk umat muslim. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Panitia Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 Tahun 2024 mengadakan kembali Aksi Sosial Kepedulian yang membangkitkan persaudaraan, kemanusiaan, toleransi, dan kebangsaan, dengan kesadaran bahwa semua adalah satu keluarga, "Vaisudeva Kuthumbakam".

Kegiatan ini disebut "Bhoga Sevanam" dan tersebar di 17 Pura di Jabodetabek serta di sekitar Pura di berbagai provinsi di seluruh Indonesia, Minggu (7/4/2024).

Kegiatan berupa bertemu, menyapa, dan berbagi makanan serta minuman kepada sesama, khususnya kepada saudara-saudara Umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa menjelang waktu berbuka.

Koordinator Bidang Kesehatan dan Bhakti Sosial Panitia Nasional Nyepi Tahun Baru Saka 1946, drg Nyoman Suartanu menuturkan berbagi adalah bagian dari ajaran Kitab Veda dan Susastra Agama Hindu yang disebut sebagai YADNYA.

Kegiatan ini didukung secara nasional oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Banjar, Pengempon Pura, unsur Pemuda dan Remaja, serta mendapat dukungan penuh dari semua organisasi Hindu tingkat nasional.

Organisasi Hindu yang terlibat yakni Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI), Prajaniti Indonesia, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia, Pandu Nusa, Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI), Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia, Dosen Hindu Indonesia, Pinandita Sanggraha Nusantara, dan Majapahid Nusantara.

Menurut Ketua Umum Panitia Nasional Hari Suci Nyepi Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia, total sumbangan atau punia dalam bentuk bhoga yang terkumpul dan dibagikan mencapai 12.286 paket, terdiri dari 6.925 nasi kotak/bungkus, 4.738 takjil, dan 623 paket sembako.

Semua ini merupakan hasil gotong royong sumbangan dari organisasi Hindu, pengempon Pura, Banjar, dan umat Hindu di wilayah kegiatan.

Pada kesempatan Aksi Bhoga Sevanam, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI Purn Wisnu Bawa Tenaya yang didampingi Ketua Umum Panitia Nasional yang turut hadir di Pura Mustika Dharma Cijantung menyampaikan penghargaan kepada semua pimpinan umat, organisasi masyarakat Hindu, serta seluruh komponen Banjar, Suka Duka, dan Pengempon Pura yang telah bekerja keras dalam menyukseskan Aksi Sosial Kemanusiaan Bhoga Sevanam.

Dia berharap kegiatan ini akan lebih meluas pada tahun-tahun berikutnya, mencapai setiap pelosok, dengan pelayanan yang lebih baik. Kemudian, melayani, berbagi, dan berkorban dengan tulus sangat dianjurkan sebagai bentuk toleransi sekaligus memperkuat rasa kebangsaan.

Koordinator Aksi Bhoga Sevanam I Nyoman Gde Agus Asrama menambahkan pelayanan Bhoga Sevanam meliputi wilayah Jabodebabek, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, NTB, hingga Papua.

Untuk wilayah Jakarta meliputi Pura Adidtya Jaya, Rawamangun Jakarta Timur; Pura Chandra Praba, Jelambar, Jakarta Barat; Pura Dalem Purnajati, Cilincing, Jakarta Utara; Pura Agung Wira Satya Bhuana, Tanah Abang, Jakarta Pusat; Pura Amertajati, Cinere, Jakarta Selatan; Pura Agung Widya Mandala, Lenteng Agung, Jakarta Selatan; serta Pura Mustika Dharma, Cijantung, Jakarta Timur.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)