Pengamat: Lebih Baik Matangkan Dulu Konsep ETLE Sebelum Uji Coba

Jum'at, 21 September 2018 - 10:15 WIB
Pengamat: Lebih Baik Matangkan Dulu Konsep ETLE Sebelum Uji Coba
Pengamat: Lebih Baik Matangkan Dulu Konsep ETLE Sebelum Uji Coba
A A A
JAKARTA - Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga mempertanyakan uji coba tilang elektronik dalam waktu dekat di tengah belum siapnya sejumlah infastruktur. Dikhawatirkan, karena persiapan kurang matang akan mengurangi efektivitas uji coba ETLE.

"Jelaskan, maksud dan tujuan penerapan tilang elektronik untuk apa?," tanya Nirwono ketika dihubungi SINDOnews, Jumat (21/8/2018).

Nirwono mengatakan, kalau untuk mengurangi kemacetan lalin dan penertiban berlalin, harsunya ada alternatif solusi-solusi lain yang ditawarkan dishub dan polda sebelum penerapan e-tilang.

Ia menambahkan, belum lagi jika dilihat dari segi kesiapan, maka penerapan tilang elektronik rasanya belum bisa dilakukan. Nirwono khawatir apabila persiapan tidak matang akan mengurangi efektivitas dari ETLE itu.

"Membangun budaya tertib berlalu lintas harus terus dilakukan. Itu dulu yang perlu dilakukan sekarang," ujarnya. (Baca: Dishub Beberkan Jenis Pelanggaran yang Akan Ditilang ETLE )

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan uji coba tilang elektronik. Kegiatan tersebut rencananya akan dilajukan pada bulan Oktober mendatang di kawasan Sudirman-Thamrin.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6906 seconds (0.1#10.140)