Detik-detik Korban Tertimbun Longsor Puncak Bertahan Hidup, Bernapas lewat Celah Reruntuhan Selama 3 Jam

Senin, 11 Maret 2024 - 15:08 WIB
loading...
Detik-detik Korban Tertimbun Longsor Puncak Bertahan Hidup, Bernapas lewat Celah Reruntuhan Selama 3 Jam
Evakuasi korban selamat usai tertimbun longsor di wilayah Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (10/3/2024). Korban bertahan hidup dengan bernapas dari celah reruntuhan selama tiga jam. FOTO/MPI/PUTRA RAMADHANI
A A A
BOGOR - Dua orang selamat usai tertimbun longsor di wilayah Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Korban bertahan hidup dengan bernapas dari celah reruntuhan selama tiga jam.

Kapolsek Cisarua Kompol Eddy Santosa mengatakan peristiwa itu terjadi sekira pukul 07.45 WIB. Dilaporkan, terdapat tebingan dengan tinggi sekitar 30 meter dan panjang 8 meter mengalami longsor dan menimpa bangunan yang digunakan sebagai dapur salah satu lokasi wisata di bawahnya.

"Yang di mana pada saat itu ada karyawan atas nama Rizal dan Doni," kata Eddy dalam keterangannya, Senin (11/3/2024).



Kedua korban berada di dalam dapur dan tertimpa material longsor. Dalam kejadian ini, korban Rizal tidak lama dapat terselamatkan namun mengalami luka dan dibawa ke rumah sakit.

"Sementara untuk korban Doni tidak dapat langsung terselamatkan," jelasnya.

Tim SAR gabungan yang mendapat laporan bergegas menuju lokasi untuk mengevakuasi. Diketahui, korban Doni masih hidup karena terdapat benda yang menghalangi dan memberi celah untuk bernapas.

"Pada 10.40 WIB material longsor yang menghalangi Doni dapat disingkirkan dan dibawa ke RSPG Cisarua untuk perawatan medis," terangnya.

Dari hasil pengecekan TKP di lokasi, korban Rizal mengalami luka pada bagian kepala dan patah tulang kaki. Sedangkan Doni luka pada bagian kaki serta indikasi patah bagian punggung.

"Di lokasi kejadian telah dilakukan pemasangan police line, untuk mencegah terjadinya korban tambahan," tutupnya.

Sebelumnya, tanah longsor terjadi di wilayah Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Dilaporkan terdapat korban yang tertimbun material longsoran. Dalam foto yang dilihat MNC Portal, tampak longsor itu menimpa sebuah bangunan di bawahnya hingga mengalami kerusakan cukup parah. Longsor tersebut memiliki ketinggian yang cukup ekstrim.

Pada foto lainnya, terdapat beberapa orang sudah berada di lokasi. Tim SAR gabungan langsung bergegas ke lokasi kejadian untuk evakuasi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)