Wali Kota Resmikan JPO Baru Ikon Kota Depok

Kamis, 13 Agustus 2020 - 16:00 WIB
loading...
Wali Kota Resmikan JPO Baru Ikon Kota Depok
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di depan apartemen Evenciio dekat pintu masuk Kota Depok, resmi diresmikan, Kamis (13/8/2020). SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di depan apartemen Evenciio dekat pintu masuk Kota Depok , resmi diresmikan, Kamis (13/8/2020). Peresmian JPO dilakukan oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Direktur Utama PPRO Taufik Hidayat.

JPO ini mengusung konsep tradisional modern khas Kota Depok yang artistik menggunakan ornamen Gigi Balan dan Gong Sibolong. Secara arsitektur, JPO ini merupakan JPO kekinian dengan banyak ornamen lampu. “Ini memberikan kesan arsitektural budaya lokal dengan penerangan yang menarik pada malam hari,” kata Taufik Hidayat.

JPO dibangun tepat di depan Evenciio Apartemen sepanjang 32 meter dan lebar 5 meter. “JPO ini dibangun dari program corporate social responsibility (CSR) PT PP Properti Tbk (PPRO),” lanjut Taufik Hidayat. (Baca juga; Kota Bekasi Bakal Operasikan 2 Anjungan Dukcapil Mandiri )

Dia menambahkan, pihaknya memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat, sehingga PPRO berusaha mewujudkan program CSR yang dibutuhkan masyarakat sekitar. “Dengan begitu kami juga ikut andil dalam membantu program pemerintah dalam pembangunan fasilitas publik di jalan Margonda,” tukasnya.

Dengan adanya JPO ini diharapkan, dapat mendukung proses serah terima unit apartemen serta mempermudah akses para penghuni untuk memenuhi kebutuhannya. “JPO ini sekaligus menjadi ikon baru di Kota depok, sebagai Gapura Selamat Datang Kota Depok,” ujar Taufik

Dia menambahkan Evenciio Apartemen adalah apartemen pertama yang mengungsung konsep bebas narkoba bekerja sama dengan BNN. Menurut dia, lokasi Evenciio sangat strategis dengan dikelilingi universitas, akses JPO dan kemudahan transportasi umum.

Progress pembangunan Apartemen Evenciio telah mencapai 95% dan telah terjual sekitar 600 unit. Saat ini mulai melakukan proses serah terima unit ke konsumen. (Baca juga; Masuk Jalur Cepat Jalan Margonda, Motor Bakal Ditilang Elektronik )

“Sebagai wujud pelaksanaan PPRO dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, kami berharap dengan dibangunnya fasilitas ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, mewujudkan pelestarian budaya daerah, menekan angka kecelakaan lalu lintas serta penopang jalur pendidikan bagi para mahasiswa di Kota Depok,” katanya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengapresiasi PT PP Properti Tbk yang telah membangun JPO tersebut melalui CSR. “Nanti JPO diserahkan ke aset Pemkot Depok,” ujarnya.

JPO menurut dia, sangat penting bagi penyebrangan di Jalan Margonda di Jalan Margonda. “Ke depan kita harapkan ada 10 JPO di Jalan Margonda. JPO ini akan menjadi ikon selamat datang dan keluar Kota Depok,” sebutnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana menambahkan, JPO ini merupakan implementasi dari rekomendasi Andalalin (Analisis Dampak Lalu Lintas). “Kita mensyaratkan jika apartemen akan dibangun, bahwa salahsatu syarat yang harus dipenuhi dalam andalalin adalah membangun JPO,” katanya.

Dibangunnya JPO di titik ini karena wilayah tersebut jumlah orang menyebrang cukup padat dan frekuensi lalu lintas juga padat. “Karena ada penambahan pergerakan orang yang melintas menyebrang dari timur ke barat dan sebaliknya. Rekomendasinya maka JPO harus dibangun,” pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)