Tutup Tahun 2023, Inflasi Jakarta Alami Kenaikan

Rabu, 03 Januari 2024 - 20:18 WIB
loading...
A A A
Menurut Arlyana, meningkatnya inflasi pada kelompok tersebut terutama didorong kenaikan harga angkutan udara seiring tingginya permintaan masyarakat memasuki masa libur sekolah dan menjelang Nataru.

Sementara itu, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya pada Desember 2023 tercatat inflasi sebesar 0,37% (mtm) sedikit lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya (0,37% mtm).

"Tekanan inflasi pada kelompok tersebut terutama didorong masih berlanjutnya kenaikan harga pada komoditas emas perhiasan yang dipengaruhi kenaikan harga emas global," ucapnya.

Arlyana mengatakan, realisasi inflasi Jakarta yang masih terkendali tidak terlepas dari hasil sinergi, kolaborasi, serta koordinasi yang baik dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta.

Bahkan, selama Desember 2023 TPID DKI Jakarta telah melakukan berbagai kegiatan dalam rangka pengendalian inflasi antara lain Kegiatan Panen Cabai, Kunjungan Pasar, dan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak dalam rangka menghadapi Nataru sebagai tindak lanjut HLM TPID Lintas Daerah antara DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah.

Termasuk kegiatan panen padi bersama mitra budidaya (on-farming) PT Food Station Tjipinang Jaya di Karawang. Kegiatan monitoring lokasi pengelolaan green house cabai PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya di Kabupaten Bogor serta edukasi Bijak Berbelanja melalui iklan layanan masyarakat.

Ke depan, sinergi antara Pemda dengan Bank Indonesia serta seluruh stakeholder terkait yang tergabung dalam TPID DKI Jakarta akan terus diperkuat untuk memastikan strategi 4K (Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif) dapat berjalan baik serta efektif terutama melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Dengan berbagai upaya tersebut, inflasi Jakarta diharapkan dapat tetap terkendali dalam sasaran 2,5±1% pada tahun 2024.
(jon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)