Waspadai Potensi Hujan Deras di Jabodetabek Sepekan ke Depan

Rabu, 03 Januari 2024 - 16:38 WIB
loading...
Waspadai Potensi Hujan Deras di Jabodetabek Sepekan ke Depan
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan deras di Jabodetabek dalam sepekan ke depan atau hingga 10 Januari 2024. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan deras di Jabodetabek dalam sepekan ke depan atau hingga 10 Januari 2024.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, peringatan ini berdasarkan analisis terkini diidentifikasi hingga sepekan ke depan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah.



“Adanya Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens,” ujar Guswanto, Rabu (3/1/2024).

Selanjutnya, adanya aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan ke depan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

“Kondisi tersebut diperkuat adanya aktivitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari ke depan. Sementara itu, faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar Sumatera, Jawa, dan Kalimantan,” ungkapnya.

Berikut potensi hujan intensitas lebat pada siang hingga menjelang malam hari sepekan ke depan hingga 10 Januari 2024 di sebagian wilayah:
1. Jakarta Timur
2. Jakarta Selatan
3. Depok
4. Kabupaten Bogor
5. Kota Bogor
6. Kota Tangerang Selatan
7. Kabupaten Tangerang bagian selatan
8. Kabupaten Bekasi bagian selatan

Sementara itu, pada malam hingga dini hari perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga lebat di sebagian wilayah:
1. Kepulauan Seribu
2. Jakarta Utara
3. Jakarta Pusat
4. Jakarta Timur bagian utara
5. Jakarta Barat bagian utara
6. Kabupaten Bekasi bagian utara
7. Kabupaten Tangerang bagian utara
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)