Empat Jam Ganjil Genap Diberlakukan, 253 Kendaraan Putar Balik

Senin, 12 Maret 2018 - 11:53 WIB
Empat Jam Ganjil Genap Diberlakukan, 253 Kendaraan Putar Balik
Empat Jam Ganjil Genap Diberlakukan, 253 Kendaraan Putar Balik
A A A
BEKASI - PT Jasa Marga (Persero) mencatat jumlah kendaraan golongan I yang berputar balik di Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat dan GT Bekasi Timur selama pelaksanaan sistem ganjil-genap Senin (12/3/2018) pagi, mencapai 253 unit. Rinciannya, 145 unit kendaraan di GT Bekasi Barat dan 108 unit di GT Bekasi Timur.

"Angka itu kami peroleh berdasarkan pendataan pertugas lapangan yang bersiaga di dua gerbang tol tersebut," ujar Deputy General Manager Traffic Manajemen Lalu Lintas, PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Cece Kosasih.

Menurut dia, kendaraan berplat ganjil yang hendak masuk di dua GT tersebut langsung dihalau petugas dan diarahkan berputar balik di pembatas jalan (barrier) yang dibuka. (Baca: Hari Pertama Ganjil Genap Tol Cikampek, Polisi Belum Berlakukan Tilang)

Pengendara yang memutar balik di GT Bekasi Barat mayoritas kendaraan yang bukan berplat nomor polisi B. "Kebanyakan mereka mengaku tidak mengetahui kebijakan tersebut," ucapnya.

Diketahui, penentuan ganjil mengacu pada tanggal hari ini dengan ujung nomor di plat kendaraan. Mengingat tanggal hari ini adalah 12 atau genap, maka kendaraan yang boleh melintas hanya plat angka genap, seperti 0, 2, 4, 6, dan 8.

Untuk kendaraan berplat ganjil diarahkan melintasi ruas jalan arteri ke Jalan Ahmad Yani, Jalan Ki Noer Ali, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jalan Chairil Anwar, Jalan Joyomartono, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ir H Djuanda, Jalan Mayor Hasibuan, dan Jalan Sultan Agung.

Beberapa pengendara ada yang lebih memilih memarkirkan mobilnya di gedung Mega Bekasi City, Kecamatan Bekasi Selatan, dan kawasan Light Rail Transit (LRT) City, Kecamatan Bekasi Timur.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5222 seconds (0.1#10.140)