Tuai Polemik, Dinkes Depok Hentikan Sementara Pemberian Makanan Tambahan Stunting

Jum'at, 24 November 2023 - 11:13 WIB
loading...
Tuai Polemik, Dinkes Depok Hentikan Sementara Pemberian Makanan Tambahan Stunting
Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati. Foto/MPI/Dok
A A A
DEPOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menghentikan sementara selama tiga hari ke depan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) lokal pengentasan stunting untuk evaluasi menyeluruh. Program yang menuai polemik hingga tingkat nasional itu dijadwalkan pada 10 November hingga 7 Desember 2023 mendatang terpaksa molor usai dihentikan.

"Dalam waktu tiga hari ke depan, Dinkes, Puskesmas, dan lintas sektor pelaksanaan kegiatan akan melakukan evaluasi pemberian PMT lokal, edukasi dan pemberdayaan," ungkap Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Mary menuturkan, evaluasi yang akan dilakukan meliputi pemantauan kenaikan berat badan balita sasaran, penguatan sosialisasi kepada masyarakat dan kader serta tetap melakukan edukasi Gizi Seimbang dan Pemberian Makan bagi Anak dan Balita (PMBA) kepada pengasuh atau ibu balita.

Selain itu, pemantauan pertumbuhan balita sasaran serta memperbaiki mekanisme pelaksanaan dilapangan.

Langkah yang dilakukan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan PMT lokal.


"Dengan jeda ini maka akhir kegiatan rangkaian PMT Lokal ini semula 7 Desember 2023 akan mundur menjadi 11 Desember 2023," tuturnya.

Mary berharap program PMT lokal di Kota Depok tidak dihentikan sepenuhnya. Sebab, dia menilai program tersebut bermanfaat, khususnya bagi balita yang berisiko stunting atau balita dengan gizi kurang atau balita dengan berat badan kurang atau berat badan tidak naik.

"Berdasarkan pemantauan di lapangan, didapatkan tren kenaikan berat badan balita sasaran yang dipantau melalui pengukuran oleh tenaga puskesmas dan kader posyandu menggunakan antropometri atau timbangan berat badan standar Kementerian Kesehatan," ujarnya.

"Setelah dilakukan penimbangan berat badan balita kembali, maka data kuantitatif akan disampaikan setelah data dari seluruh wilayah di Kota Depok telah terhimpun secara lengkap," sambungnya.

Mary menegaskan bahwa Dinkes Kota Depok terbuka menerima masukan dari berbagai pihak. Tentunya pada sisa separuh waktu yang ada atau sekitar 14 hari ke depan dalam rangka perbaikan program PMT lokal di Kota Depok.
"Semoga dengan perbaikan ini penurunan angka stunting Depok lebih baik lagi," tuturnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)