Imbas Demo Buruh Tuntut Kenaikan UMK, Tol Cibitung Bekasi Lumpuh Total

Kamis, 23 November 2023 - 16:56 WIB
loading...
Imbas Demo Buruh Tuntut Kenaikan UMK, Tol Cibitung Bekasi Lumpuh Total
Ribuan buruh menggelar aksi demo menuntut kenaikan UMK 2024, Kamis (23/11/2023). Akibatnya, kemacetan parah terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Foto: MPI/Ade Suhardi
A A A
BEKASI - Ribuan buruh menggelar aksi demo menuntut kenaikan UMK 2024 hingga turun ke jalan tol, Kamis (23/11/2023). Akibatnya, kemacetan parah terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Hingga pukul 16.30 WIB, kemacetan masih terlihat di Tol Jakarta-Cikampek. Bahkan Tol Cibitung, Kabupaten Bekasi, arus kendaraan lumpuh total tak bisa bergerak. Kemacetan terjadi lantaran adanya penutupan pintu akses gerbang Tol Cibitung, terutama yang langsung menuju kawasan industri MM2100.

Penutupan itu dilakukan karena kawasan industri ini menjadi salah satu titik pusat berkumpulnya ribuan buruh yang hendak berunjuk rasa.


Terlihat kendaraan yang mayoritas angkutan berat mengular di Tol Jakarta-Cikampek di kedua arah. Beberapa di antara kendaraan bahkan telah dimatikan mesinnya karena macet total.

Salah satu sopir truk bernama Johan (42) mengaku sudah sejak pagi terjebak macet. Barang yang hendak diantarnya dari Karawang ke pabrik di Tambun Bekasi, menjadi terhambat.

"Saya dari jam 8 lewat kejebak macet, sampai sekarang. Harusnya 1 jam sampai ke Pabrik sekarang belum sampai," katanya.



Seperti diketahui, Kabupaten Bekasi menjadi salah satu titik strategis dalam penerapan UMK. Soalnya, ribuan pabrik beroperasi di Bekasi dengan jumlah pekerja lebih dari satu juta orang.

Di Bekasi dan juga Karawang, UMK ditetapkan paling tinggi se-Indonesia. Rencananya UMK 2024 ini akan disimpulkan hari ini di Kabupaten Bekasi untuk selanjutnya direkomendasikan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk ditetapkan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)