Jakarta Dikepung Massa Hari Ini Respons Putusan Baleg DPR yang Abaikan Putusan MK

Kamis, 22 Agustus 2024 - 08:30 WIB
loading...
Jakarta Dikepung Massa...
Berbagai elemen masyarakat dari buruh, mahasiswa, aktivis, dan tokoh masyarakat akan menggelar aksi demonstrasi di sejumlah titik di Jakarta, Kamis (21/8/2024). FOTO ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berbagai elemen masyarakat dari buruh, mahasiswa, aktivis, dan tokoh masyarakat akan menggelar aksi demonstrasi di sejumlah titik di Jakarta, Kamis (21/8/2024). Aksi massa dilakukan untuk menyikapi putusan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI yang dinilai telah mengabaikan putusan Mahkamah Kontitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 tentang Pilkada.

Beberapa titik yang akan menjadi lokasi aksi demonstrasi seperti di depan Gedung DPR/MPR. Di gedung wakil rakyat ini secara bersamaan akan digelar rapat paripurna DPR menyikapi hasil rapat Baleg, kemarin.

Kemudian lokasi lain yang akan menjadi lokasi elemen masyarakat menyampaikan kegelisahan dan pendapat mereka adalah di depan Gedung MK, sekitaran patung kuda dan di depan Kantor KPU.



Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan sebanyak ribuan personil dikerahkan untuk mengamankan aksi massa kawal putusan MK di sejumlah titik yang akan menjadi konsentrasi diantaranya Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat dan Gedung DPR-MPR, Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Kamis (22/8/2024) pagi ini.

"Dalam rangka pengamanan aksi elemen masyarakat di bundaran Patung Kuda Monas, dan sekitarnya, kami melibatkan sejumlah 3.286 personel gabungan dengan rincian 1.273 di Patung Kuda dan 2.013 di Gedung DPR," kata Susatyo dalam keterangannya.

Susatyo menambahkan untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar bundaran Patung Kuda Monas, dan beberapa lokasi lain bersifat situasional. Ia menyebut, rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan.



"Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di sekitaran bundaran Patung Kuda Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan akan dialihkan," ucapnya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)