alexa snippet

Kunjungi Masjid Tua, Anies Prioritaskan untuk Segera Direnovasi

Kunjungi Masjid Tua, Anies Prioritaskan untuk Segera Direnovasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi Masjid Jami Al Mansur di Jembatan Lima, Jakarta Barat. Dalam kunjungan ke masjid berusia 300 tahun itu, gubernur menjanjikan akan memasukan dalam bagian renovasi prioritas di Jakarta.

Anies mengatakan, tahun ini menandai usia ke 300 tahun masjid Al Mansur berdiri. Bangunan ini pula telah menjadi saksi perjalanan lebih dari 300 tahun umat Islam di Jakarta. Dengan usia tersebut, dibutuhkan perawatan lebih untuk menjaga masjid ini tetap utuh.

“Bangunan ini sudah mulai tua, sudah perlu ada perawatan. Sebenarnya menurut catatan, ini sudah jadi cagar budaya sejak 1988. Jadi sudah 29 tahun dia sudah menjadi cagar budaya. Insyallah kita akan masukan renovasi masjid ini ini jadi bagian dari prioritas untuk renovasi di Jakarta,” kata Anies di Masjid Jami Al Mansur, Minggu (22/10/2017).

Menurut Anies, tidak banyak di nusantara bangunan masjid yang usianya lebih dari 300 tahun. Dan tempat ini telah berhasil dirawat dengan baik selama 300 tahun. Insyaallah ini jadi amal jariah bukan hanya pada yang mendirikan masjid, tapi juga yang memakmurkan masjid, yang menjaga masjid dan mengembangkan kegiatan di Masjid Al Mansur ini.

Disamping itu, masjid ini sebut Anies sebagai salah satu bangunan yang didirikan dengan keringat umat Islam di Jakarta. Dirinya menginginkan masjid ini dirawat hingga masih utuh hingga 300 tahun ke depan.

“Yang disebut Kota Tua itu bangunan siapa? Belanda. Kantor gubernur bangunan siapa? Belanda. Tapi kalau masjid ini di bangun dari keringat umat Islam Jakarta. Kita ingin nanti masjid ini kita rawat lagi dan kita pastikan, kalau dia bisa lewat 300 tahun. Insya Allah bisa lewat 300 tahun yang akan datang,” terangnya.

Ia mengajak masyarakat sekitar terus memakmurkan masjid ini. Bukan hanya melihat bangunan, namun juga menjadi pusat kegiatan masyarakat sekitar. Terlebih di bidang agama.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top