Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas TNI AL Evakuasi 185 ABK WNI MV Zuiderdam

loading...
Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas TNI AL Evakuasi 185 ABK WNI MV Zuiderdam
Satgas TNI AL mengevakuasi sebanyak 185 ABK WNI MV Zuiderdam di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (6/8/2020).Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A+ A-
JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) TNI AL mengevakuasi sebanyak 185 Anak Buah Kapal (ABK) WNI MV Zuiderdam di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (6/8/2020). Evakuasi kapal asal Belanda dilaksanakan sesuai dengan protokol Covid-19.

"Pada hari ini kita lakukan evakuasi terhadap 185 ABK yang terdiri dari 185 ABK pria dan satu ABK wanita. Sebelum dilakukan evakuasi, Tim KKP telah melakukan rapid test dan usai dilakukan pemeriksaan seluruhnya langsung kita bawa menuju Hotel Grand Mercure Harmoni," ungkap Komandan satgas evakuasi ABK, Brigadir Jenderal (Mar) Hermanto, di Terminal JICT 2, Tanjung Priok, Rabu (15/7/2020).

Hermanto menjelaskan, sesampainya di hotel para ABK langsung melakukan proses test swab yang telah disiapkan dan juga melakukan isolasi mandiri selama empat hari. "Apabila nanti hasilnya mereka positif akan dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Bila negatif tentunya akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing dan harus dilengkapi surat keterangan negatif Covid-19," jelas Hermanto.(Baca: Berdalih Masker Terjatuh, Pengendara Mobil Adu Mulut dengan Petugas Satpol PP)

Menurut dia, evakuasi ABK WNI ini merupakan yang ke-21. "Dari catatan kami sudah ada 6000 ABK yang sudah di evakuasi dan hari ini merupakan yang ke 21. Kita tinggal tunggu apakah ada kapal lagi yang kembali. Tim Satgas sangat siap menjalankan tugas dalam evaluasi kapal ini," ucapnya.

(hab)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top