Pemkot Depok Siapkan Rp2,7 Miliar untuk Revitalisasi Trotoar Cinere Raya

Jum'at, 22 September 2023 - 08:40 WIB
loading...
Pemkot Depok Siapkan Rp2,7 Miliar untuk Revitalisasi Trotoar Cinere Raya
Pemkot Depok akan merevitalisasi trotoar di Jalan Cinere Raya agar lebih ramah disabilitas dengan anggaran senilai Rp2,7 miliar Foto/MPI/Ilustrasi.dok
A A A
DEPOK - Pemkot Depok akan merevitalisasi trotoar di Jalan Cinere Raya agar lebih ramah disabilitas. Anggaran senilai Rp2,7 miliar telah disiapkan untuk revitalisasi tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Citra Indah Yulianty mengatakan, revitalisasi trotoar di Jalan Cinere Raya akan ramah bagi disabilitas karena dibangun dengan ketinggian 15 cm dari permukaan jalan. Sehingga memudahkan bagi mereka yang menggunakan kursi roda.

"Kami membangun trotoar dengan melihat dari beberapa aspek. Salah satunya, harus ramah terhadap disabilitas," kata Citra, Jumat (22/9/2023).

Citra menjelaskan, titik trotoar yang dibangun yaitu dari steak Abuba hingga Rumah Sakit Puri Cinere, sisi sebelah barat. Adapun, pekerjaan dilakukan sepanjang 300 meter dengan lebar 2 meter.

"Revitalisasi trotoar ramah disabilitas menggunakan APBD Kota Depok dengan nilai sebesar Rp2,7 miliar dan lama waktu pengerjaan 4 September hingga 2 Desember 2023," ujarnya.


Citra menuturkan, jalur trotoar dibuat tidak berundak atau naik turun, juga menerus atau tidak putus-putus. Kemudian akan dilengkapi dengan guiding block atau penunjuk arah bagi penyandang disabilitas.

“Tidak banyak naik turunnya juga. Kami rancang khusus untuk disabilitas. Pembangunan trotoar akan menggunakan pola seperti trotoar di Jalan Margonda. Kemudian, akan dibuat bertekstur agar tidak licin, seperti tekstur kulit jeruk misalnya,” ungkapnya.

Menurut Citra, ke depan pihaknya akan terus melakukan penyempurnaan fasilitas trotoar di Jalan Cinere Raya. Seperti, penambahan kursi dan lain-lain.

"Mudah-mudahan trotoar ini bisa dimanfaatkan masyarakat," tuturnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)