6 Stasiun KRL yang Berlokasi di Bogor, Lengkap dengan Rute

Rabu, 13 September 2023 - 18:58 WIB
loading...
6 Stasiun KRL yang Berlokasi di Bogor, Lengkap dengan Rute
Ada enam stasiun KRL yang berlokasi di wilayah Bogor. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat enam stasiun KRL yang berlokasi di wilayah Bogor . Untuk rute perjalanannya sendiri, stasiun KRL yang berada di Bogor ini hanya melayani perjalanan langsung ke Stasiun Jakarta Kota.

Untuk melakukan perjalanan menuju stasiun tujuan lain seperti Stasiun Duri, Tanah Abang, atau Jatinegara, penumpang harus transit di Manggarai, dan tidak bisa dilakukan sekali jalan.



Meski begitu, terdapat dua rute untuk menuju Stasiun Jakarta Kota, yakni dengan melalui jalur Stasiun Bogor, Cilebut dan Bojong Gede, atau melalui jalur Stasiun Nambo dan Cibinong.

6 Stasiun KRL yang Berlokasikan di Bogor


1. Stasiun Bogor


Stasiun Bogor termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta serta menjadi stasiun paling selatan dalam pengelolaan KAI Commuter di Jabodetabek. Letaknya ada di sebelah barat Alun-alun Kota Bogor menghadap Istana Bogor.

Berdasar SK Menbudpar No. PM. 26/PW.007/MKP/2007 pada 26 Maret 2007, Stasiun Bogor ditetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya. Dulunya tempat ini hanyalah terminal pemberhentian terakhir untuk jalur kereta api Batavia - Buitenzorg.

2. Stasiun Cilebut


Dilansir dari laman resmi KAI, Stasiun Cilebut berlokasi di Cilebut Timur, Sukaraja, Bogor. Stasiun yang terletak pada ketinggian +169 M ini berada di Daerah Operasi 1 Jakarta.



Lokasi sekitar Stasiun Cilebut ini banyak terdapat perumahan, seperti Perumahan Cipto, Perumahan Cilebut Bumi Pertiwi, Perumahan Taman Sari Persada, Perumahan Cimanggu, Perumahan Pesona Cilebut, Griya Cilebut, dan lainnya.

3. Stasiun Bojong Gede


Stasiun Bojong Gede atau BJD ini adalah stasiun kelas I yang berada di Desa Bojong Gede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. Stasiun yang terletak pada ketinggian +140 meter ini hanya melayani rute KRL Commuter Line.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)