Bantu Tangani Stunting, Gardu Ganjar Bagikan Makanan Bergizi

Senin, 11 September 2023 - 07:56 WIB
loading...
Bantu Tangani Stunting, Gardu Ganjar Bagikan Makanan Bergizi
Relawan Gardu Ganjar memberikan bantuan paket bahan makanan bergizi di Desa Caringin, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TANGERANG - Gerakan Rakyat Desa untuk Ganjar (Gardu Ganjar) turun tangan membantu program penurunan angka stunting di Banten. Mereka memberikan bantuan paket bahan makanan bergizi di Desa Caringin, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

"Hari ini kami dari relawan Gardu Gangar Provinsi Banten melakukan kegiatan penurunan stunting di wilayah Caringin Kecamatan Legok," kata Ketua Gardu Ganjar Ahmad Wahyudin Nasyar, Minggu (10/9/2023).

Dikutip dari laman Kemenkes.go.id, menurut WHO pada 2015, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Hal ini ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Definisi stunting kemudian diperbaharui pada 2020 menjadi kondisi pendek atau sangat pendek berdasarkan tinggi badan menurut usia yang kurang dari -2 standar deviasi (SD) pada kurva pertumbuhan WHO.

Pada intinya, stunting disebabkan oleh kondisi irreversibel akibat asupan nutrisi yang tidak adekuat dan/atau infeksi berulang atau kronis yang terjadi dalam 1.000 hari pertama kehidupan (HPK).

"Kami di sini memberikan bantuan dan membantu seluruh kader (Posyandu) untuk penurunan angka stunting di wilayah Desa Caringin Kabupaten Tangerang ini," lanjutnya.

Inisiatif relawan itu terinspirasi oleh komitmen dan keberhasilan Ganjar Pranowo dalam menurunkan angka stunting selama dua periode menjabat gubernur Jateng. Berdasarkan perhitungan elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (ePPGBM), angka stunting di Jateng pada 2018 mencapai 24,4% dan turun pada 2019 menjadi 18,3%.

Penurunan terus berlanjut pada 2020 menjadi 14,5%, 2021 menjadi 12,8% dan 2022 lalu berada di angka 11,9%. "Ini merupakan salah satu bagian program yang sering dilakukan oleh Pak Ganjar dan tentunya beliau adalah sosok gubernur Jawa Tengah yang berhasil menurunkan angka stunting di wilayah Jawa Tengah," ujarnya.

Wahyudin pun berharap kepedulian para relawan ini bisa menular ke berbagai kalangan dan kelompok lainnya di Banten sehingga program penurunan stunting bisa lebih efektif.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)