alexa snippet

Dinilai Rasis, Netizen Kritik Keras Video Iklan Kampanye Ahok-Djarot

Dinilai Rasis, Netizen Kritik Keras Video Iklan Kampanye Ahok-Djarot
Potongan klip dari video kampanye Ahok-Djarot yang dikritik netizen.Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Video kampanye pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat dikecam para netizen. Pasalnya video berdurasi selama dua menit ini dianggap netizen berbau rasis.

Netizen mengangap video tersebut berbau rasis karena pada video tersebut di menit awal digambarkan terjadi kerusuhan di mana sejumlah massa menggedor mobil yang ditumbapangi ibu dan anak. Selanjutnya, pada menit 0.09 terdapat model sejumlah massa yang mengenakan peci dan berpakaian putih berteriak dan terdapat spanduk bertuliskan "Ganyang Cina".

Video kampanye ini sontak saja mengundang reaksi netizien. Kata Rasis pun sempat masuk dalam 10 besar tranding topic di Twitter. Para netizen bereaksi dan mengecam video kampanye yang dianggap rasis tersebut.

Berikut sejumlah kecaman yang dkicaukan netizen melalui akun Twitter,;
Akun Twitter Fadli Zon berkicau, @fadlizon,"Sy baru lihat video rasis yg gambarkan seolah warga Jkt n muslim penuh kekerasan. Kampanye bodoh yg terus dipelihara. #kebodohanrevolusioner.

Kemudian,  akun Twitter Rachel maryam‏ @cumarachel,"Iklan kampanye dengan jualan SARA dan playing victim yg paling rasis yg pernah saya lihat. Provokatif. #KampanyeAhokJahat. Akun  @wardi_amri berkicau,"Kopiah atau peci ciri khas Indonesia. Tp knp di video ini dijadikan ikon rasis? #KampanyeAhokJahat."

Akun @opicxyz berkicau,"Blunder nih ahok! Rasis". Selanjutnya, akun ‏ @maspiyuuu sebuah upaya kampanye yg tdk elegan, rasis dan provokatif #KampanyeAhokJahat". Akun Twitter, @fitriyantidewi0,"Katanya probhineka. Tapi videonya rasis dan tidak simpati #kampanyeahokjahat".
Serta akun @ainijamilah,"Nonton iklan kampanye si dia...rasis banget. Emg yg mau kalah mah slalu panik #kalahpanik #rasis."



(whb)
loading gif
Top