Survei Polstat: Elektabilitas Anies Tertinggi di Pilgub DKI Jakarta, Ahok Kedua

Rabu, 12 Oktober 2022 - 14:12 WIB
loading...
Survei Polstat: Elektabilitas Anies Tertinggi di Pilgub DKI Jakarta, Ahok Kedua
Elektabilitas Anies Baswedan menjadi yang tertinggi apabila maju kembali dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024. Anies jauh meninggalkan nama-nama lainnya. Survei elektabilitas ini dilakukan Political Statistics (Polstat). Foto/Sutikno/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Anies Baswedan menjadi yang tertinggi apabila maju kembali dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024. Anies jauh meninggalkan nama-nama lainnya.

Survei elektabilitas ini dilakukan lembaga survei Political Statistics (Polstat) pada 1-10 Oktober 2022. "Hasil survei Polstat menunjukkan sebanyak 40,5 persen responden mengaku masih akan memilih Anies Baswedan," kata Apna Permana, peneliti Polstat, Rabu (12/10/2022).

Sementara, nama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) muncul pada urutan kedua yang dipilih responden. "19,1 persen responden memilih Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), lalu 10,5 persen memilih Gibran Rakabuming Raka," ujar Apna.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi pilihan keempat dengan elektabilitas 7,6 persen. Kemudian muncul nama politikus Partai Nasdem Ahmad Sahroni dengan 5,7 persen. Nama-nama lain yang muncul yaitu Tri Rismaharini (3,5 persen) dan Emil Dardak yang dipilih 3,3 persen. "Sementara sebanyak 8,2 responden menjawab masih belum punya pilihan," tuturnya.



Untuk diketahui, pengumpulan data survei ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan bantuan kuisioner terhadap 830 responden ber-KTP DKI Jakarta. Sebanyak 830 responden yang ada terdistribusi secara proporsional dari lima kotamadya dan satu kabupaten di DKI Jakarta.

Teknik pengambilan sampel menggunakan pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error pada survei ini 3-4 persen, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)