Saefullah, Sekda DKI 4 Gubernur dari Jokowi, Ahok, Djarot hingga Anies

Rabu, 16 September 2020 - 14:18 WIB
loading...
Saefullah, Sekda DKI 4 Gubernur dari Jokowi, Ahok, Djarot hingga Anies
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah semasa hidup.Foto/SINDOnews/dok
A A A
JAKARTA - Almarhum Saefullah telah menjabat Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta selama empat kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta yang berbeda. Saat menjabat Wali Kota Jakarta Pusat beberapa tahun silam, Gubernur DKI Joko Widodo pada Juli 2014 mengangkat Saefullah menjadi Sekertaris Daerah menggantikan Fadjar Pandjaitan.

Pria kelahiran 1964 itu tetap bertahan menjadi Sekda meski Jokowi menjabat Presiden pada 2014 dan kepemimpinan Gubernur digantikan oleh Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Pada 2017 atau jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), kepemimpinan Gubernur Ahok digantikan Djarot Saiful Hidayat dan Sekda tetap dijabat oleh Saefullah.

Bahkan, pada kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Saefullah pun tidak tergantikan meski sudah menjabat lebih dari enam tahun melebihi masa aktif Sekda DKI Jakarta. (Baca: Sekda DKI Jakarta Meninggal Saat Dirawat Karena Positif Covid-19)

Dr. H. Saefullah, S.Pd., M.Pd. lebih dikenal dengan nama Bang Ipul lahir di Sungai Kendal, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, 11 Februari 1964. Sebelum menjabat Sekda, Saefullah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat periode 2008—2014. Diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta kembali berduka. Sekertaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah dikabarkan telah meninggal dunia pasca menjalani perawatan intensif akibat terpapar Covid-19. (Baca juga: Sekda DKI Jakarta Syaefullah Meninggal Dunia di RSPAD Gatot Soebroto)

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah membenarkan kabar tersebut. Almarhum meninggal pukul 12.55 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. "Iya benar, Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi saleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita telah dipanggil pulang ke rahmatullah," kata Andri Yansyah Saat dihubungi, Rabu (16/9/2020).

Sebelumnya, Pada Selasa sore (15/9), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga melalui pesan berantai meminta kepada seluruh jajarannya untuk mendoakan kesembuhan Saefullah, yang positif terpapar virus Corona atau Covid-19.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)