Sudah Sejak Lama Hacker Ingin Menyerang Website KPU

Kamis, 16 Februari 2017 - 19:29 WIB
Sudah Sejak Lama Hacker...
Sudah Sejak Lama Hacker Ingin Menyerang Website KPU
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengakui ada pihak yang coba mengganggu akses informasi hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) melalui sistem informasi yang dimiliki. Dampaknya, timbul gangguan yang menyebabkan lalu lintas (traffic) menuju laman (website) milik KPU menjadi lebih rendah.

Pengamat teknologi informasi, Heru Sutadi mengatakan, penyerangan terhadap website KPU sangat mungkin terjadi. Pasalnya memang sudah sejak lama server KPU selalu menjadi perhatian para hacker untuk diganggu. Ini karena sebelumnya pernah server KPU juga sempat down.

Namun demikian untuk kasus ini dia melihat ada tiga kemungkinan yang membuat server KPU down. ”Pertama mungkin saja hal tersebut terjadi karena yang mengakses atau mengirimkan hasil rekapitulasi dari lapangan untuk real count cukup banyak. File yang dikirim kan dalam bentuk gambar yang kemudian nanti diterjemahkan ke dalam bentuk angka,” kata Heru kepada SINDOnews, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Kemungkinan lainnya bisa saja disebabkan banyaknya masyarakat yang berusaha memantau perkembangan real count dan membuka hasil rekapitulasi, yang tentunya juga berat bagi sistem. (Baca juga: KPU Akui Website Mereka Diserang Hacker )

Meski begitu dia tidak memungkiri bisa saja ada oknum yang berusaha menyerang server KPU. ”Bisa saja ada yang berusaha menyerang dengan distributed denial of services (DDOS). Ini penyerangan paling mudah dan bisa dilakukan lewat komputer biasa,” paparnya.

Sebelumnya muncul informasi di media sosial tentang ancaman peretas (hacker) yang menyerang laman milik KPU. Dalam informasi itu disebutkan bahwa serangan dilakukan dengan mengirimkan jutaan traffic dalam hitungan menit sehingga menyebabkan server KPU down.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9263 seconds (0.1#10.140)