Polusi Udara di Jakarta Mengkhawatirkan, Pakar Tata Kota: Sektor Transportasi Harus Dibenahi Total

Selasa, 15 Agustus 2023 - 07:58 WIB
loading...
Polusi Udara di Jakarta Mengkhawatirkan, Pakar Tata Kota: Sektor Transportasi Harus Dibenahi Total
Pembenahan transportasi umum menjadi salah satu solusi penting di Ibu Kota menyikapi polusi udara yang sangat mengkhawatirkan. Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Pembenahan transportasi umum menjadi salah satu solusi penting di Ibu Kota. Hal ini menyikapi polusi udara di Jakarta yang sangat mengkhawatirkan.

Pengamat tata kota Universitas Trisakti, Nirwono Yoga mengatakan, sebanyak 75% polusi udara di Jakarta disumbangkan dari sektor transportasi. Sebab, saat ini mayoritas masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.

Sementara, dari total warga yang melakukan aktivitas di Jakarta, hanya 10% yang menggunakan transportasi umum.

“Artinya 90 persennya pengguna kendaraan pribadi dengan komposisi pemotor 21 juta dan pemobil 4 juta setiap harinya, yang mana hal itu belum tentu lolos uji emisi. Jadi sektor transportasi yang harus dibenahi total,” kata Nirwono saat dihubungi MNC Portal Senin (14/8/2023) malam.

Selain pembenahan transportasi umum, Nirwono menilai perlu juga adanya penertiban industri yang selama ini mencemari lingkungan.

Baca: September, Pemprov DKI Kembali Terapkan Hybrid Working hingga WFH

Menurutnya, industri yang selama ini menggunakan energi batu bara, harus didorong untuk beralih menggunakan energi terbarukan seperti panel surya.

“Dan penertiban industri yang hrs ramah lingkungan atau pemindahan pabrik penyebab polusi udara keluar Jabodetabek dan fokus pada industri yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dengan kondisi udara dan suhu yang saat ini memprihatinkan, seharusnya Pemprov DKI menetapkan status berbahaya bagi kesehatan.

“Dengan begitu kebijakan yang akan diambil juga harus berani, tegas, dan signifikan (non-populis) bagi masyarakat (pasti banyak pro-kontra),” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)