Kawal Demo Buruh di Patung Kuda Jakpus, Polisi Kerahkan 1.100 Personel

Rabu, 09 Agustus 2023 - 10:39 WIB
loading...
Kawal Demo Buruh di Patung Kuda Jakpus, Polisi Kerahkan 1.100 Personel
Massa buruh akan menggelar demo atau unjuk rasa di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mengawal aksi demo ini, sebanyak 1.100 personel polisi dikerahkan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Massa buruh akan menggelar demo atau unjuk rasa di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023). Mengawal aksi demo ini, sebanyak 1.100 personel polisi dikerahkan untuk mengamankan jalannya aksi tersebut.

"Personel yang disiapkan ada 1.100 untuk pengamanan," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin, saat dihubungi awak media.

Komarudin menjelaskan, dalam aksi tersebut diperkirakan sebanyak 3.000 massa yang akan hadir di Patung Kuda. Untuk lalu lintas, lanjut Komarudin, ruas jalan dari Patung Kuda atau Harmoni yang mengarah ke Istana akan dialihkan.

"Pengalihan hanya dilakukan di Jalan Merdeka Barat. Jadi arus lalu lintas yang mengarah ke Utara dan Selatan dialihkan di Patung Kuda dan juga Harmoni," ujarnya.



Lebih lanjut, ia mengimbau kepada masyarakat, agar tidak melewati ruas jalan tersebut dan mencari jalan alternatif lainnya agar terhindar dari kemacetan.

Untuk diketahui, Massa buruh akan mengepung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Istana Negara , Jakarta Pusat. Ribuan buruh menggelar long march dari Tugu Tani.

"Titik kumpul aksi puluhan ribu buruh yakni di Patung Tugu Tani, Menteng, pukul 10.00 WIB, yang juga bersamaan dengan penyambutan peserta long march jalan kaki Bandung-Jakarta selama 8 hari," ujar Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal, Rabu (9/8/2023).

Aksi tersebut juga menggabungkan massa buruh yang melakukan aksi jalan kaki dari Bandung menuju Jakarta sebagai bentuk protes terkait regulasi tenaga kerja.

Aksi serupa juga turut digelar oleh massa buruh di seluruh provinsi. Partai Buruh menggandeng sejumlah konfederasi buruh dalam aksinya yakni KSPI, ORI KSPSI AGN, KPBI, KSBSI, SPI, FSPMI, FSP KEP, FSP TSK, SPN, SBPI, JALA PRT, UPC, dan 60 federasi serikat pekerja lainnya.

"Presiden ORI KSPSI Andi Gani Nena Wea, Ketua Umum Serikat Petani Indonesia Henry Saragih, dan pimpinan organisasi serikat buruh lainnya akan hadir dalam aksi hari ini," kata Said.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)