Heru Budi Tutup Forum MGMAC-AMF 2023, Lahirkan 6 Poin Deklarasi

Rabu, 02 Agustus 2023 - 16:51 WIB
loading...
A A A
4. Berkomitmen untuk mengatasi masalah perubahan iklim dan lingkungan dengan meningkatkan kerja sama dan kemitraan. Kemudian, memajukan keterkaitan antara aksi iklim dan mempromosikan konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan dari keanekaragaman hayati dan jasa ekosistem.

Baca Juga: Ciptakan Lingkungan Hijau dan Bersih, Negara ASEAN Diharapkan Bersinergi

Lalu, implementasi pendekatan berbasis alam/ekosistem serta kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi untuk mempercepat pencapaian ketahanan berkelanjutan.

Selanjutnya, membuat kota lebih layak huni dengan menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dan pemanfaatan berkelanjutan sumber daya alam dan perlindungan lingkungan, serta memprioritaskan investasi pada mobilitas berkelanjutan yang meningkatkan pembagian moda angkutan umum, berjalan kaki dan bersepeda untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mengurangi ketidaksetaraan.

5. Memperkuat arsitektur kesehatan perkotaan yang berfungsi sebagai landasan untuk mencapai pertumbuhan dan kesejahteraan sosial-ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat ASEAN. Hal ini untuk memastikan mekanisme pencegahan, kesiapsiagaan, dan tanggapan yang lebih efektif guna menangani secara efektif potensi ancaman kesehatan masyarakat yang ditimbulkan oleh munculnya dan penyakit menular yang muncul kembali, perubahan iklim, dan degradasi ekosistem baik saat ini maupun di masa depan.

6. Mendorong pembiayaan hijau untuk mengembangkan lingkungan yang secara aktif mempromosikan investasi swasta dalam proyek perkotaan berkelanjutan melalui skema pembiayaan inovatif dan campuran yang secara langsung mendanai inisiatif yang dipimpin kota dan bersandar pada masyarakat yang hemat biaya/kemitraan swasta.

Dukungan dari para pemimpin ASEAN untuk menurunkan hambatan dan memberikan insentif bagi partisipasi sektor swasta sangat penting untuk pendanaan proyek perkotaan terkait infrastruktur berkelanjutan, energi terbarukan, dan ketahanan iklim.

Diketahui, MGMAC-AMF 2023 salah satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. MGMAC-AMF selanjutnya pada 2024 akan digelar di Kota Vientiane Ibu Kota dari Laos. Heru sudah menyerahkan estafet tuan rumah MGMAC-AMF ke Gubernur Laos PDR, Atsaphangthong Siphandone.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)