Kasus Persekusi Warga Permata Buana Mulai Disidangkan, 4 Terdakwa Dihadirkan

Selasa, 01 Agustus 2023 - 21:01 WIB
loading...
Kasus Persekusi Warga Permata Buana Mulai Disidangkan, 4 Terdakwa Dihadirkan
Empat terdakwa kasus dugaan pemerasan dan pengancaman terhadap Candy ibu rumah tangga warga Perumahan Permata Buana, Kembangan, Jakarta Barat, menjalani sidang di PN Jakbar. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Empat terdakwa kasus dugaan pemerasan, pengancaman, dan berita bohong terhadap Candy ibu rumah tangga warga Perumahan Permata Buana RW 11, Kembangan, Jakarta Barat, menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Dalam dakwaan yang dibacakan JPU, ke empatnya meminta uang jutaan rupiah terhadap seorang warga bernama Candy hanya untuk renovasi rumah.

“Para terdakwa melalui surat tersebut meminta agar saksi Candy memberikan uang senilai Rp10 juta sebagai uang jaminan renovasi serta uang Rp5 juta sebagai uang izin membangun,” kata sallah satu JPU Baroto, Selasa (1/8/2023).

Dalam sidang itu empat terdakwa yaitu Hendra Santoso selaku mantan Ketua RW 11, Satrio Budi Utama selaku Ketua RT 01, Amir Hasan, dan Benny Oktafian Jacup yang juga sebagai pengurus RW dihadirkan.

Terpisah, kuasa hukum korban Erdi Subakti mengatakan, pembacaan dakwaan yang dilakukan JPU merupakan bukti adanya pemerasan atau pungli dilingkungan kompleks elite itu.


Erdi berharap agar kasus yang dialami kliennya itu segera tuntas. "Sehingga klien saya bisa nyaman tinggal di rumahnya sendiri, karena sampai saat ini klien saya masih trautamik atas persekusi yang dialami. Makanya sampai saat ini rumah tersebut belum ditinggali," ujarnya.

Sekadar informasi, kasus ini berawal dari keributan antara seorang ibu rumah tangga, warga Perumahan Permata Buana RW 11, Kembangan, Jakarta Barat bernama Candy pada 20 September 2021 lalu.

Menurut Candy, pemicu perseteruan berawal dari aduan tetangganya soal suara berisik dari renovasi yang di rumahnya. Renovasi rumah sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2019 silam.

Meski sempat membayar namun Candy tetap mendapatkan intimidasi dari sejumlah pengurus dan keamanan kompleks. Hingga puncaknya rumah Candy digeruduk 17 petugas keamanan.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)