RPA Partai Perindo Minta Pelaku Kekerasan Seksual di Jakpus Dihukum 15 Tahun Penjara

Kamis, 27 Juli 2023 - 18:11 WIB
loading...
RPA Partai Perindo Minta Pelaku Kekerasan Seksual di Jakpus Dihukum 15 Tahun Penjara
Ketua Bidang Hukum DPP RPA Partai Perindo Amriadi Pasaribu. Foto/MPI/Nur Khabibi
A A A
JAKARTA - DPP Relawan Perempuan dan Anak (RPA) Partai Perindo berharap HJ (36) terdakwa kekerasan seksual terhadap anak berinisial SPN (6) dihukum 15 tahun penjara.

Ketua Bidang Hukum DPP RPA Perindo Amriadi Pasaribu mengatakan pihaknya terus melakukan pendamping terhadap kasus dugaan kekerasan seksual yang dialami anak di bawah umur SPN (6) dengan terdakwa HJ (36).

Amriadi menjelaskan, Saat ini terdakwa didakwakan melanggar Pasal 76 D Jo Pasal 81 ayat (1) UU No.35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Atau Kedua Pasal 76 E Jo Pasal 82 ayat (1) UU No.35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan hukuman minimal lima tahun dan maksimal 15 tahun.

Ketua Bidang salah satu organisasi sayap Partai Perindo--partai yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu-- melanjutkan, hukuman terdakwa akan makin berat lantaran kesaksiannya dalam proses persidangan berbeda dengan korban alias tidak mau mengakui perbuatannya.

Menurutnya, terdakwa dalam keterangannya sangat berbeda dengan keterangan korban yang masih di bawah umur sehingga kecil kemungkinan untuk mengada-ada.


"Harapan kita itu maksimal, adanya perbuatan ia tidak mengakui ini. RPA Partai Perindo berharap majelis hakim melebihkan hukumannya sampai dengan 15 tahun," kata Amriadi Pasaribu di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2023).

Ketua Bidang salah satu organisasi sayap Partai Perindo --partai yang dipimpin oleh Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo dan mendukung bacapres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo itu-- menambahkan, hukuman maksimal juga perlu diberikan mengingat terdakwa dalam melakukan aksinya begitu kejam.

"Menutup korban membekap dia dengan lakban warna hitam menutup matanya kemudian mengikat tangannya kemudian lagi pelaku ini melakukan kekerasan mengancam jangan bilang sama siapa-siapa," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)