Mau Tanam Pohon Pisang, Warga Cileungsi Temukan Ranjau Darat Aktif

Sabtu, 01 Juli 2023 - 20:16 WIB
loading...
Mau Tanam Pohon Pisang, Warga Cileungsi Temukan Ranjau Darat Aktif
Ranjau darat aktif ditemukan di Kampung Rawahingkik, Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Foto/Dok Polisi
A A A
BOGOR - Warga Kampung Rawahingkik, Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor menemukan ranjau darat aktif saat hendak menanam pohon pisang. Penemuan ranjau darat membuat geger warga sekitar.

Kapolsek Cileungsi Kompol Zulkarnaen mengatakan ranjau darat itu ditemukan pada Jumat, 30 Juni 2023. Berawal dari adanya warga yang menggali tanah di sebuah lahan kosong untuk menanam pohon pisang.

"Cangkul yang digunakan menggali tanah mengenai suatu benda padat berbentuk bulat yang ternyata adalah besi," kata Zulkarnaen, Sabtu (1/7/2023).

Mau Tanam Pohon Pisang, Warga Cileungsi Temukan Ranjau Darat Aktif




Setelah dilakukan penggalian, benda tersebut dibawa ke rumah untuk dibersihkannya dengan air. Temuan itu diceritakan kepada sang anak dan baru menyadari bahwa mirip peluru meriam kuno.

"Saksi langsung melaporkan temuannya ke Ketua RT dan Bhabinkamtibmas. Selanjutnya temuan tersebut dibawa ke Mako Polsek Cileungsi," jelasnya.

Tim Gegana Polri Polda Jawa Barat (Jabar) langsung melakukan pengamanan dan berkoodinasi dengan Tim Penjinak Bom (Jibom) Polda Jabar. Setelah dilakukan pemeriksaan bahwa benda tersebut merupakan ranjau darat aktif.

"Pemusnahan ranjau darat langsung dilakukan di lahan kosong hingga situasi kondusif," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)